Pengertian Tektonisme, Dampak dan Pengaruh Tektonisme terhadap Kehidupan

Berikut ini adalah pembahasan tentang tektonisme yang meliputi pengertian tektonisme, akibat tektonisme, pengaruh tektonisme terhadap kehidupan, dampak tektonisme, pengertian horst, pengertian patahan, pengertian lipatan, dampak positif tektonisme, dampak negatif tektonisme, bentuk lipatan tegak akan membentuk relief bumi berupa.

Pengertian Tektonisme

Tektonisme adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi berupa tekanan dengan arah vertikal maupun horizontal yang menyebabkan terjadinya dislokasi (perubahan letak). 
Berdasarkan jenis gerakan dan luas wilayah yang dipengaruhinya, tenaga tektonik terbagi menjadi dua, yaitu gerak orogenesa dan gerak epirogenesa.

Gerak orogenesa adalah gerakan tenaga endogen yang cepat dan meliputi daerah yang sempit. Adapun gerak epirogenesa merupakan kebalikan dari gerak orogenesa. Gerakan ini relatif lebih lambat dan meliputi areal yang luas.

Dampak dan Pengaruh Tektonisme

Bentukan di muka bumi akibat tektonisme meliputi lipatan dan patahan.

1) Lipatan

Lipatan adalah suatu bentuk kulit bumi yang berbentuk lipatan (gelombang) yang terjadi karena tenaga endogen dengan arah mendatar dari dua arah yang berlawanan. 
Akibat tekanan tersebut, lapisan kulit bumi terlipat sehingga membentuk puncak lipatan (antiklin) dan lembah lipatan (sinklin).
Gambar: Bentuk Lipatan
Gambar: Bentuk Lipatan

2) Patahan

Patahan juga terjadi karena tekanan yang menyebabkan pematahan lapisan batuan. Tenaga endogen yang bekerja relatif cepat sehingga lapisan batuan yang terkena tekanan tidak sempat melipat, melainkan retak-retak sampai akhirnya patah. 
Akibat pematahan tersebut, terdapat bagian muka bumi yang mengalami penurunan sehingga membentuk lembah patahan (slenk). Adapun bagian yang tidak mengalami penurunan membentuk puncak patahan (horst).
Gambar: Bentuk Patahan
Gambar: Bentuk Patahan

Baca juga: Bentuk-bentuk Vulkanisme

0 Response to "Pengertian Tektonisme, Dampak dan Pengaruh Tektonisme terhadap Kehidupan"

Post a Comment