Pengertian dan Macam-macam Jenis Batuan beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang batuan penyusun kerak bumi yang meliputi pengertian batuan, macam macam batuan, jenis jenis batuan, contoh batuan beku, contoh batuan malihan, contoh batuan metamorf, contoh batuan sedimen, jenis jenis batuan beku, jenis batuan metamorf, jenis batuan sedimen, macam macam batuan beku, macam macam batuan malihan, macam macam batuan sedimen, contoh batuan beku dalam, contoh batuan beku luar.

Pengertian Batuan

Dalam geologi, batu (tunggal) dan batuan (jamak) adalah benda padat yang tebuat secara alami dari mineral dan atau mineraloid. 
Lapisan luar padat Bumi, litosfer, terbuat dari batuan. Dalam batuan umumnya adalah tiga jenis, yaitu batuan beku, sedimen, dan metamorf.

Macam-macam Jenis Batuan

Batuan-batuan penyusun kerak bumi yang terdapat di alam, antara lain sebagai berikut.

1. Batuan Beku (Igneous Rock)

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari satu atau beberapa mineral yang terbentuk akibat pembekuan magma. 
Batuan beku terbagi menjadi batuan beku plutonik dan vulkanik. Batuan beku plutonik umumnya terbentuk dari pembekuan magma yang relatif lambat.

Contoh batuan beku plutonik, yaitu gabro, diorite, dan granit. Batuan beku vulkanik terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi sangat cepat. Batuan beku dalam vulkanik contohnya adalah basalt dan andesit.

2. Batuan Sedimen (Sedimentary Rock)

Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya proses pembatuan atau litifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi yang kemudian terbawa dan diendapkan. 
Batuan sedimen terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
  1. Batuan sedimen klastik adalah jenis batuan yang terbentuk di alam melalui proses pengendapan dari material-material yang bervariasi, mulai dari ukuran lempung sampai bongkah batuan. Contohnya batu konglomerat, batu pasir, dan batu lempung.
  2. Batuan sedimen organik, terbentuk dari gabungan sisa-sisa makhluk hidup. Batuan ini biasanya menjadi batuan induk (source) dan penyimpan cadangan air (reservoir). Contohnya, yaitu batu gamping.
  3. Batuan sedimen kimia terbentuk melalui proses pelarutan. Batuan tersebut biasanya menjadi pelindung (seal rock). Contohnya jenis batuan anhidrit dan batu garam.

3. Batuan Malihan (Metamorf)

Batuan metamorf adalah batuan yang terbentuk akibat adanya proses perubahan temperatur dan tekanan udara batuan yang telah ada sebelumnya. 
Contoh batuan metamorf adalah batu sabak (slate) yang merupakan perubahan dari batu gamping dan batu marmer.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Batuan beserta Contohnya"

Post a Comment