Pengertian dan Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan (Pasar)

Berikut ini adalah pembahasan tentang harga keseimbangan yang meliputi harga keseimbangan, harga pasar, pengertian harga keseimbangan, pengertian harga pasar, proses terbentuknya harga pasar, proses terbentuknya harga keseimbangan, pembentukan harga pasar, harga keseimbangan pasar.

Pengertian Harga Keseimbangan (Pasar)

Perhatikan baik-baik jika ibu sedang berbelanja di pasar tradisional. Apa yang dilakukan ibu saat membeli suatu barang? Mengapa harga barang-barang di pasar tradisional bisa beranekaragam meskipun kualitasnya sama?

Berbelanja di pasar tradisional memerlukan keahlian tersendiri khususnya dalam hal melakukan tawar menawar. Hal ini dikarenakan di pasar tradisional, pembeli memiliki kesempatan dalam menentukan harga suatu barang melalui proses tawar menawar secara langsung dengan penjual.

Dari proses tawar menawar tersebut nampak adanya kesepakatan, di mana pembeli berusaha meningkatkan harga tawaran dan penjual berusaha menurunkan harga dari tawaran semula, sehingga akhirnya ditemukan titik temu harga tertentu sebagai hasil kesepakatan penjual dan pembeli. Harga yang disepakati itulah yang disebut sebagai harga keseimbangan.
Jadi, pengertian harga keseimbangan adalah harga kesepakatan antara penjual dan pembeli yang tercipta melalui proses tawar menawar.

Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan

Terbentuknya harga keseimbangan melalui proses tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga tercapai kesepakatan harga. Dalam proses ini, penjual menurunkan harga permintaan, sebaliknya pembeli menaikkan penawarannya sehingga bertemu pada titik harga yang menjadi kesepakatan bersama.
Kurva harga keseimbangan pasar
Gambar: Kurva Harga Keseimbangan (Pasar)

Keterangan Kurva Harga Keseimbangan

Kurva harga keseimbangan melukiskan titik temu dari harga yang disepakati antara penjual dan pembeli.

0 Response to "Pengertian dan Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan (Pasar)"

Post a Comment