Bunyi Hukum Penawaran dan Contoh Gambar Kurva Penawaran

Berikut ini adalah pembahasan tentang penawaran yang meliputi bunyi hukum penawaran, kurva penawaran, pengertian kurva penawaran, contoh kurva penawaran, gambar kurva penawaran, pengertian bunyi hukum penawaran.

Bunyi Hukum Penawaran

Jika kita mengadakan pengamatan tentang keadaan barang dan harga di pasar, maka akan kita temukan bahwa barang-barang yang harganya murah mudah ditemukan di mana-mana, sedangkan barang-barang yang mahal hanya terbatas jumlahnya.

Hal ini sesuai dengan hukum penawaran, di mana hukum penawaran menerangkan adanya hubungan antara penawaran barang dan jasa dengan harganya.

Hukum penawaran menyatakan bahwa;
Jika harga barang yang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah, dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan berkurang.”

Kurva Penawaran

Hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu dan tempat tertentu dapat dilukiskan dalam bentuk grafik yang disebut sebagai kurva penawaran. Pada umumnya, kurva penawaran bergerak naik dari kiri bawah ke kanan atas.

Kondisi tersebut menandakan bahwa antara harga barang dan yang ditawarkan bersifat positif, artinya makin tinggi harga suatu barang, maka makin banyak jumlah barang yang ditawarkan.
Contoh Kurva Penawaran
Gambar: Contoh Kurva Penawaran

Keterangan Kurva Penawaran

Makin tinggi harga suatu barang, maka makin rendah jumlah barang yang ditawarkan.

Baca juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

0 Response to "Bunyi Hukum Penawaran dan Contoh Gambar Kurva Penawaran"

Post a Comment