Pengertian dan Macam-macam Jenis Sistem Ekonomi beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang sistem ekonomi yang meliputi pengertian sistem ekonomi, macam macam sistem ekonomi, contoh sistem ekonomi, jenis jenis sistem ekonomi, sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi komando, sistem ekonomi terpusat, sistem ekonomi liberal, sistem ekonomi sosialis, pengertian sistem ekonomi tradisional, macam macam sistem perekonomian.

Pengertian Sistem Ekonomi 

Apakah arti dari sistem ekonomi itu sendiri? Apa manfaatnya? Dan bagaimanakah penerapannya?
Sistem ekonomi adalah cara suatu bangsa atau negara mengatur perekonomiannya. 
Pelaksanaan sistem ekonomi suatu negara tercermin dalam keseluruhan lembaga-lembaga ekonomi yang digunakan oleh suatu bangsa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sistem perekonomian negara dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain falsafah hidup bangsa, sifat dan jari diri bangsa, dan struktur ekonomi.

Macam-macam Jenis Sistem Ekonomi

Berikut adalah beberapa sistem ekonomi yang biasa diterapkan oleh negara, diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Sistem Ekonomi Sosiali (Terpusat)

Sistem ekonomi terpusat sering disebut sebagai sistem ekonomi sosialis, yaitu suatu sistem ekonomi di mana seluruh sumber daya dan pengolahannya direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah. Pemerintah dalam sistem ekonomi terpusat berperan sangat dominan.
Baca selengkapnya: Ciri-ciri Sistem Ekonomi Terpusat (Sosialis) Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

2. Sistem Ekonomi Liberal

Sistem ekonomi liberal disebut juga sistem ekonomi pasar, yaitu sistem ekonomi di mana pengelolaan ekonomi diatur oleh kekuatan pasar (permintaan dan penawaran) . Sistem ekonomi ini menghendaki adanya kebebasan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi. 
Baca selengkapnya: Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar (Liberal) beserta Kelebihan dan Kelemahannya.

3. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang berusaha mengurangi kelemahan- kelemahan yang timbul dalam sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi pasar. 
Baca selengkapnya: Ciri-ciri Sistem Ekonomi Campuran beserta Kelebihan dan Kelemahannya.

4. Sistem Ekonomi Tradisional

Dalam sistem ekonomi tradisional, kegiatan ekonominya masih menggunakan tradisi turun temurun yang berlaku dalam suatu masyarakat dan telah menjadi nilai budaya setempat. Kegiatan ekonomi tradisional dilakukan secara bergotong royong dan bersifat kekeluargaan untuk memenuhi kebutuhan hidup minimal.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Sistem Ekonomi beserta Contohnya"

Post a Comment