Cara dan Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Berikut ini adalah pembahasan tentang cara meningkatkan kualitas tenaga kerja, upaya peningkatan kualitas kerja, upaya peningkatan kualitas tenaga kerja, peningkatan mutu tenaga kerja, upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja, cara meningkatkan mutu tenaga kerja, usaha meningkatkan mutu tenaga kerja, usaha meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Cara dan Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Kualitas tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan dengan melihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi rendah.

Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.

Adapun upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dapat dilakukan dengan cara

1. Pelatihan Tenaga Kerja

Pelatihan tenaga kerja yaitu keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

2. Pemagangan

Pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang telah berpengalaman dalam proses produksi barang/jasa di perusahaan.Upaya ini dilakukan dalam rangka menguasai keterampilan dan keahlian tertentu.

3. Perbaikan Gizi dan Kesehatan

Perbaikan gizi dan kesehatan dimaksudkan untuk mendukung ketahanan fisik dalam bekerja dan meningkatkan kecerdasan tenaga kerja dalam menerima pengetahuan baru dan meningkatkan semangat kerja.

Baca juga: Macam-macam Tenaga Kerja

0 Response to "Cara dan Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja"

Post a Comment