Pengertian Kontak Sosial dan Macam-macam Bentuk Kontak Sosial

Berikut adalah pembahasan tentang salah satu syarat terjadinya hubungan sosial yaitu kontak sosial yang meliputi pengertian kontak sosial, macam macam kontak sosial, bentuk bentuk kontak sosial, jenis jenis kontak sosial.

Pengertian Kontak Sosial

Pengertian kontak berasal dari bahasa Latin, yaitu cun atau cum yang berarti bersama, dan tango yang berarti menyentuh.

Jadi, secara harfiah istilah kontak artinya bersama-sama menyentuh. Dengan demikian, secara fisik suatu kontak akan terjadi apabila terjadi hubungan badaniah.

Namun, dalam gejala sosial pengertian kontak sosial tidak hanya terbatas pada terjalinnya suatu hubungan secara fisik saja. Ketika kita berteriak memanggil teman yang ada di seberang jalan, atau ketika kita sedang menulis atau membaca sms dari orang lain, berarti sudah terjadi kontak sosial.
Jadi dalam pengertian sosiologi, kontak sosial adalah hubungan masing-masing pihak dalam berinteraksi baik dengan berbicara, tatap muka, maupun bersalaman serta tidak selalu terjadi melalui interaksi atau hubungan fisik saja, sebab orang bisa melakukan kontak sosial dengan pihak lain tanpa menyentuhnya, misalnya bicara melalui telepon, radio, atau surat elektronik. Oleh karena itu, hubungan fisik tidak menjadi syarat utama terjadinya kontak.

Macam-macam Bentuk Kontak Sosial

Bahkan kemajuan teknologi juga telah mengubah pengertian kontak sosial, di mana kontak sosial tidak harus terjadi melalui sentuhan fisik.

1) Berdasarkan proses berlangsungnya, kontak sosial dapat dibedakan menjadi dua yakni :
  1. Kontak primer, terjadi secara langsung bertatapan muka, baik melalui persentuhan fisik maupun tidak, misalnya berjabat tangan, berbicara, bahasa isyarat, tersenyum.
  2. Kontak sekunder, terjadi secara tidak langsung menggunakan media tertentu, misalnya melalui TV, telepon, dan lain-lain.

2) Berdasarkan jumlah individu yang terlibat di dalamnya, kontak sosial dapat dibedakan:
  1. Kontak antarindividu. Contohnya: kontak antara guru dengan guru, antara penjual dengan pembeli, dan lain-lain.
  2. Kontak antarkelompok. Contohnya pertandingan sepak bola yang mempertemukan dua tim sepak bola, pertandingan voli, perlombaan cerdas cermat, dan lain-lain.
  3. Kontak antara individu dengan kelompok. Contohnya guru sedang mengajar murid-muridnya, penceramah dengan peserta seminar, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Hubungan Sosial

0 Response to "Pengertian Kontak Sosial dan Macam-macam Bentuk Kontak Sosial"

Post a Comment