Pengertian dan Macam-macam Bentuk Contoh Proses Interaksi Sosisl Disosiatif

Berikut adalah pembahasan tentang Proses Sosial Dissosiatif, pengertian Proses Sosial Dissosiatif, macam macam Proses Sosial Dissosiatif, contoh Proses Sosial Dissosiatif, bentuk bentuk Proses Sosial Dissosiatif, pengertian disosiatif, contoh interaksi sosial disosiatif, macam macam interaksi disosiatif, bentuk bentuk interaksi sosial disosiatif.

Pengertian Proses Sosial Disosiatif

Hubungan sosial yang berakhir dengan permusuhan atau pertikaian merupakan salah satu bentuk hubungan dissosiatif.
Proses dissosiatif disebut juga “opositional proceses”, yaitu proses sosial yang cenderung membawa kelompok ke arah perpecahan dan merenggangkan solidaritas kelompok.

Macam-macam Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif

Proses dissosiatif ada 3 bentuk, yaitu persaingan, pertentangan, dan kontravensi.

a. Persaingan/kompetisi

Persaingan adalah proses sosial di mana individu atau kelompok-kelompok manusia yang bersaing mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum tanpa menggunakan ancaman atau kekerasan.

b. Pertentangan/konflik

Persaingan yang makin ketat dalam kehidupan masyarakat menyebabkan munculnya pertentangan atau konflik, baik yang berlangsung antarindividu maupun antarkelompok sosial.

c. Kontravensi

Kontravensi merupakan bentuk proses sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan. Kontravensi menunjukkan suatu sikap yang mengarah kepada ketidaksenangan.
Baca  juga: Bentuk Interasi Sosial Asosiatif

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Bentuk Contoh Proses Interaksi Sosisl Disosiatif"

Post a Comment