Pengertian dan Fungsi Pranata Ekonomi beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu macam jenis pranata sosial yaitu pranata ekonomi yang meliputi pengertian pranata ekonomi, fungsi pranata ekonomi, peran pranata ekonomi, contoh pranata ekonomi, tujuan pranata ekonomi.

Pengertian Pranata Ekonomi

Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani oikonimia, yang berarti rumah tangga. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dalam ragam percakapan, kata ekonomi berarti urusan keuangan rumah tangga (organisasi, negara).
llmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari usahausaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut.
Secara singkat dapat dikatakan bahwa ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran. Arti kata ekonomi dan ilmu ekonomi telah kalian pahami.

Selanjutnya perlu kalian pahami pula arti ekonomi. Ekonomi ialah usaha atau kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan atau mencapai kemakmuran.
Pranata ekonomi adalah pranata yang menangani masalah kesejahteraan materiil, yaitu yang mengatur kegiatan atau cara-cara berproduksi, distribusi, dan konsumsi barang-barang dan jasa yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia.

3 Kegiatan utama ekonomi

Dalam ekonomi ada tiga kegiatan utama, yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi.
Produksi adalah kegiatan untuk menghasilkan barang atau meningkatkan manfaat barang guna memenuhi kebutuhan. 
Konsumsi adalah kegiatan memakai atau menghabiskan guna barang untuk memenuhi kebutuhan. 
Distribusi adalah penyaluran atau penyampaian barang dari produsen (pembuat) kepada konsumen (pemakai).

Kesimpulan: 

Jadi pranata ekonomi adalah sistem norma atau kaidah yang mengatur tingkah laku individu dalam masyarakat guna memenuhi kebutuhan barang dan jasa.

Fungsi Pranata Ekonomi 

Fungsi pranata ekonomi secara umum sebagai berikut:
  1. Mengatur konsumsi barang dan jasa.
  2. Mengatur distribusi barang dan jasa.
  3. Mengatur produksi barang dan jasa.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Pranata Politik

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Pranata Ekonomi beserta Contohnya"

Post a Comment