Macam-macam Jenis Pranata Sosial beserta Contohnya Lengkap

Berikut adalah pembahasan yang masih terkait dengan pranata sosial yang meliputi macam macam pranata sosial, jenis jenis pranata sosial, contoh pranata sosial, klasifikasi pranata sosial, penggolongan pranata sosial.

Penggolongan (Klasifikasi) Pranata Sosial

Pranata sosial dapat diklasifikasikan atau digolongkan sebagai berikut:

1. Berdasarkan Pengembangannya

  1. Crescive institutions adalah pranata sosial yang secara tak sengaja tumbuh dari adat istiadat masyarakat. Contoh: hak milik, perkawinan, dan lain-lain.
  2. Enacted institutions adalah pranata sosial yang sengaja dibentuk untuk memenuhi tujuan tertentu. Contoh: lembaga utang piutang, lembaga perdagangan, dan lembaga kependidikan yang semuanya berakar pada kebiasaankebiasaan dalam masyarakat.

2. Berdasarkan Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat

  1. Basic Institutions adalah pranata sosial yang sangat penting untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib dalam masyarakat. Contoh: keluarga, sekolah, dan negara.
  2. Subsidiary institutions adalah pranata yang dianggap kurang penting. Contoh kegiatan untuk rekreasi.

3. Berdasarkan Sudut Penerimaan Masyarakat

  1. Approved institutions adalah pranata sosial yang diterima masyarakat. Contoh: perusahaan, industri, dan lain-lain.
  2. Unsactioned institutions adalah pranata sosial yang ditolak masyarakat. Contoh: pemeras, penjahat, lintah darat, dan lain-lain.

4. Berdasarkan Faktor Penyebarannya

  1. General institutions adalah pranata yang dikenal secara umum oleh masyarakat di dunia, contohnya agama.
  2. Restucted institutions adalah pranata yang hanya dikenal oleh kelompok masyarakat tertentu saja, contohnya agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, dan sebagainya.

5. Berdasarkan fungsinya

  1. Cooperative institutions adalah pranata sosial yang menghimpun pola serta tata cara yang diperlukan untuk mencapai tujuan pranata. Contoh: pranata industrialisasi.
  2. Regulative institutions adalah pranata sosial yang bertujuan mengawasi adat istiadat yang tidak termasuk bagian mutlak dari pranata itu sendiri. Contoh: pranata hukum (kejaksaan, pengadilan, dan lain-lain).

Macam-macam Jenis Pranata Sosial

Dari berbagai lembaga yang dapat kita jumpai sehari-hari, dapat dikategorikan dalam 5 jenis pranata sosial, yaitu pranata agama, pranata pendidikan, pranata keluarga, pranata politik, dan pranata ekonomi.

1. Pranata Agama

Agama merupakan salah satu pranata yang sangat penting dalam mengatur kehidupan manusia. Pengertian agama dalam sosiologi merupakan terjemahan dari kata religion yang artinya suatu prinsip kepercayaan kepada Tuhan atau dewa dan sebagainya dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaannya itu.

Baca selengkapnya: Penertian dan Fungsi Pranata Agama beserta Contohnya

2. Pranata Pendidikan

Kata pendidikan (education) berasal dari bahasa latin educare yang berarti keluar. Pendidikan adalah proses membimbing manusia dari kegelapan menuju kecerdasan pengetahuan atau dari tidak tahu menjadi tahu.

Baca selengkapnya: Pengertian dan Fungsi Pranata Pendidikan beserta Contohnya

3. Pranata Keluarga

Kita semua merupakan bagian dari keluarga, baik sebagai ayah, ibu, atau anak. Keluarga adalah satuan sosial terkecil dan paling mendasar bagi tercapainya kehidupan sosial masyarakat dan mempunyai fungsi-fungsi pokok yang meliputi, pemenuhan kebutuhan biologis, emosional, pendidikan, dan sosial ekonomi.

Baca selengkapnya: Pengertian dan Fungsi Pranata Keluarga beserta Contohnya

4. Pranata Politik

Pranata politik adalah peraturan-peraturan untuk memelihara tata tertib, untuk mendamaikan pertentangan-pertentangan, dan untuk memilih pemimpin yang berwibawa. Pranata politik merupakan perangkat norma dan status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan hak dan wewenang.

Baca selengkapnya: Pengertian dan Fungsi Pranata Politik beserta Contohnya

5. Pranata Ekonomi

Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani oikonimia, yang berarti rumah tangga. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dalam ragam percakapan, kata ekonomi berarti urusan keuangan rumah tangga (organisasi, negara).

Baca selengkapnya: Pengertian dan Fungsi Pranata Ekonomi beserta Contohnya

Baca juga: Ciri-ciri Pranata Sosial

0 Response to "Macam-macam Jenis Pranata Sosial beserta Contohnya Lengkap"

Post a Comment