Asal Usul Ajaran Komunis atau PKI (Partai Komunis Indonesia) Masuk ke Indonesia

Berikut ini adalah pembahasan tentang masuknya ajara komunis ke indonesia, asal usul pki, asal usul komunis.

Asal Usul Masuknya Ajaran Komunis ke Indonesia

Ajaran komunis masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Belanda, yaitu H.J.F.M. Sneevliet, yang bekerja pada sebuah surat kabar di Semarang.

H.J.F.M. Sneevliet mendirikan partai yang berhaluan komunis dengan nama Indische Social Democraties The Vereeniging (ISDV).

Namun ternyata, ajaran komunis kurang mendapat respons dari masyarakat, sehingga merubah taktik penyebarluasan pengaruh dengan melakukan penyusupan ke organisasi-organisasi yang telah ada.
H.J.F.M. Sneevliet
Gambar: H.J.F.M. Sneevliet

Salah satu korban penyusupan komunis adalah SI (Sarikat Islam), melalui tokoh Semaun dan Darsono.
Akhirnya pada tanggal 23 Mei 1920 dibentuklah organisasi dengan nama Partai Komunist Hindia yang pada bulan Desember tahun yang sama namanya dirubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI).
Pada tanggal 16 Desember 1926 PKI melakukan pemberontakan di berbagai tempat di Pulau Jawa. Tapi berhasil dipadamkan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Adapun di Sumatra Barat, pemberontakan PKI baru meletus pada tanggal 1 Januari 1927, tetapi dalam waktu tiga hari pemberontakan tersebut dapat dipadamkan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Akibat pemberontakan yang gagal ini pemerintah kolonial makin bertindak keras dan tegas terhadap organisasi-organisasi pergerakan nasional yang ada pada saat itu.

0 Response to "Asal Usul Ajaran Komunis atau PKI (Partai Komunis Indonesia) Masuk ke Indonesia"

Post a Comment