Penyebab Umum dan Khusus Terjadinya Perang Diponegoro Melawan VOC Belanda Tahun 1830

Berikut ini adalah pembahasan tentang perlawanan diponegoro terhadap voc, sebab terjadinya perang diponegoro, penyebab perang diponegoro, sebab khusus perang diponegoro, penyebab terjadinya perang diponegoro, sebab khusus terjadinya perang diponegoro, sebab umum perang diponegoro, kesaktian pangeran diponegoro, perang diponegoro terjadi pada tahun, sebab sebab terjadinya perang diponegoro.

Perlawanan Diponegoro (1825–1830)

Perang Diponegoro mulai meletus di Tegalrejo, Jogjakarta dan meluas hampir ke seluruh Jawa. Bupati-bupati yang ada di bawah pengaruh Mataram ikut menyatakan perang terhadap Belanda. Maka perang Diponegoro sering disebut perang Jawa.

Pangeran Diponegoro adalah putera sulung Sultan Hamengku Buwono III yang dilahirkan pada Tahun 1785. Ketika masih kecil bernama Pangeran Ontowiryo.

Sebab-sebab umum Perang Diponegoro


  1. Penderitaan rakyat sangat berat karena adanya bermacammacam pajak.
  2. Raja dan kalangan istana benci kepada Belanda karena wilayah Mataram makin dipersempit.
  3. Ulama kecewa karena peradaban Barat mulai memasuki kalangan Islam.
  4. Bangsawan kecewa karena tidak boleh menyewakan tanahnya.
  5. Belanda ikut campur dalam urusan pemerintahan.


Sebab-sebab Khusu Perang Diponegoro

Adapun sebab-sebab khusus perang Diponegoro adalah rencana pembuatan jalan yang melintasi tanah makam leluhur pengeran Diponegoro tidak meminta ijin terlebih dahulu kepada Pangeran Diponegoro.

Siasat Benteng Stelsel

Dalam perang Diponegoro, Belanda mengalami banyak kesulitan. Bahkan Belanda mengakui perang Diponegoro merupakan perang terberat dan memakan biaya yang besar. Belanda menggunakan siasat benteng stelsel dalam melumpuhkan perlawanan Pangeran Diponegoro.

Tujuan dari sistem benteng stelsel adalah:

  1. Mempersempit ruang gerak pasukan Diponegoro.
  2. Memecah belah pasukan Diponegoro.
  3. Mencegah masuknya bantuan untuk pasukan Diponegoro.
  4. Bagi Belanda sendiri dapat memperlancar hubungan antara Belanda jika mendapat serangan dari pasukan Diponegoro.
  5. Memperlemah pasukan Diponegoro.

Penyebab Umum dan Khusus Terjadinya Perang Diponegoro Melawan Belanda Tahun 1830
Gambar: Pangeran Diponegoro

Perundingan 

Sistem benteng stelsel ternyata belum berhasil mematahkan perlawanan Diponegoro. Kemudian Belanda mendatangkan pasukan dari daerah lain dan membujuk para pembantu Diponegoro untuk menyerah. Dengan siasat itu, para pembantu Pangeran Diponegoro sebagian menyerah, tetapi belum berhasil menangkap Pangeran Diponegoro.

Belanda menggunakan siasat baru dengan sayembara, tetapi juga belum berhasil. Pada tahun 1830 Belanda mengadakan tipu muslihat dengan mengajak Pangeran Diponegoro untuk berunding.

Dalam perundingan itu Pangeran Diponegoro ditangkap. Setelah ditangkap Pangeran Diponegoro dibawa ke Semarang, kemudian diasingkan ke Batavia/Jakarta.

Pada tanggal 3 Mei 1830 Pangeran Diponegoro dipindahkan ke Manado, dan pada tahun 1834 dipindahkan ke Makassar dan wafat di Makassar pada tanggal 8 Januari 1855.

0 Response to "Penyebab Umum dan Khusus Terjadinya Perang Diponegoro Melawan VOC Belanda Tahun 1830"

Post a Comment