Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan beserta Tujuan, Contoh dan Ciri-cirinya

Berikut ini adalah pembahasan tentang makalah konsep pembangunan berwawasan lingkungan yang meliputi pengertian pembangunan berwawasan lingkungan, ciri ciri pembangunan berwawasan lingkungan, contoh pembangunan berwawasan lingkungan, ciri ciri pembangunan berkelanjutan, pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, contoh pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, tujuan pembangunan berwawasan lingkungan, ciri ciri pembangunan ekonomi.

Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti dengan menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan.
Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. 
Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jeniro tahun 1992. Di dalamnya terkandung 2 gagasan penting, yaitu:

a. Gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup.

b. Gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Adapun ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan adalah sebagai berikut:

a. Menjamin pemerataan dan keadilan.

b. Menghargai keanekaragaman hayati.

c. Menggunakan pendekatan integratif.

d. Menggunakan pandangan jangka panjang.

Pada masa reformasi sekarang ini, pembangunan nasional dilaksanakan tidak lagi berdasarkan GBHN dan Propenas, tetapi berdasarkan UU No. 25 Tahun 2000, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).

Tujuan Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mempunyai tujuan di antaranya:

a. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

b. Mengoptimalkan partisipasi masyarakat.

c. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.

d. Tercapainya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup

e. Terwujudnya manusia Indonesia sebagai insan lingkungan hidup yang memiliki sikap dan tindakan yang melindungi lingkungan hidup

f. Terjaminnya kepentingan generasi sekarang dan generasi yang akan datang

g. Tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup

h. Terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana

i. Terlindunginya wilayah Indonesia dari pengaruh negatif pembangunan, seperti pencemaran tanah, air, dan udara.

Contoh Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Contoh dari pembangunan berwawasan lingkungan misalnya di Unnes sendiri terdapat salah satu pilar konservasi yaitu Green Architecture (arsitektur hijau).
Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan beserta Tujuan, Contoh dan Ciri-cirinya
Gambar: Summarecon Bekasi

Summarecon Bekasi akan menjadi ikon kawasan hunian dan komersial terbaik di Bekasi. Dikembangkan di atas lahan seluas 240 hektar, Summarecon Bekasi mulai dibangun pada november 2010 dengan konsep hunian yang berwawasan lingkungan.konsep ini digunakan agar terjadinya keseimbangan dengan lingkungan.

Demikian pembahasan tentang makalah konsep pembangunan berwawasan lingkungan yang meliputi pengertian pembangunan berwawasan lingkungan, ciri ciri pembangunan berwawasan lingkungan, contoh pembangunan berwawasan lingkungan, pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, tujuan pembangunan berwawasan lingkungan, ciri ciri pembangunan ekonomi.

0 Response to "Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan beserta Tujuan, Contoh dan Ciri-cirinya"

Post a Comment