Faktor Penyebab Kemunduran dan Pembubaran VOC

Berikut ini adalah pembahasan tentang pembubaran voc, faktor kemerosotan voc, faktor internal kemerosotan, faktor kemunduran voc, penyebab kemunduran voc, sebab kemunduran voc, bubarnya voc, penyebab bubarnya voc, penyebab voc dibubarkan.

Pembubaran VOC

Memasuki akhir abad ke-18 kejayaan VOC mulai merosot. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dalam tubuh VOC itu sendiri maupun faktor eksternal di luar VOC yang menggerogoti keberadaan VOC.

Adapun faktor internal yang menyebabkan kemerosotan dan kemunduran VOC adalah:

1) Banyaknya pegawai VOC yang melakukan korupsi.

2) Sulitnya melakukan pengawasan terhadap daerah penguasaan VOC yang sangat luas.

Faktor eksternal yang menyebabkan kemerosotan dan kemunduran VOC adalah:

1) Meletusnya revolusi Prancis menyebabkan Belanda jatuh ke tangan Prancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte.

2) Reaksi penentangan oleh rakyat Indonesia terhadap VOC dalam bentuk peperangan yang banyak menyedot pembiayaan dan tenaga.
Faktor Penyebab Kemunduran dan Pembubaran VOC
Gambar: Pembubaran VOC

Keadaan yang kian parah dan mengkhawatirkan menyebabkan Belanda mengambil sikap, pada tangal 31 Desemnber 1799 VOC dibubarkan dan pemerintah kolonial di Indonesia mulai dkendalikan langsung oleh pemerintah kerajaan Belanda.

Demikian pembahasan tentang pembubaran voc, faktor kemerosotan voc, faktor internal kemerosotan, faktor kemunduran voc, penyebab kemunduran voc, sebab kemunduran voc, bubarnya voc, penyebab bubarnya voc, penyebab voc dibubarkan.

0 Response to "Faktor Penyebab Kemunduran dan Pembubaran VOC"

Post a Comment