Definisi atau Pengertian Penduduk Indonesia dan Sumber Data Kependudukan

Berikut ini adalah pembahasan tentang definisi kependudukan atau pengertian kependudukan menurut para ahli, sumber data kependudukan, dan hal-hal yang masih terkait dengan kependudukan seperti komposisi penduduk, pengertian jumlah penduduk, piramida penduduk dan lain-lain.

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang jumlah penduduknya sangat besar. Sebagai negara kepulauan, penduduk Indonesia memiliki persebaran yang tidak merata.

Sebagian besar penduduk bermukim di Pulau Jawa, sehingga Pulau Jawa memiliki kepadatan penduduk yang tinggi.

Adapun pulau-pulau seperti Kalimantan dan Papua yang luas wilayahnya lebih besar dibandingkan luas Pulau Jawa justru kepadatan penduduknya relatif kecil.

Taraf pendidikan penduduk yang rata-rata masih rendah menimbulkan dampak terhadap rendahnya kualitas penduduk.

Di samping itu, faktor pertumbuhan penduduk yang besar dengan persebaran tidak merata serta rendahnya kualitas penduduk juga menjadi sumber permasalahan yang berkaitan dengan kependudukan di Indonesia.

Penduduk Indonesia tersebar di berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Jumlah penduduk setiap provinsi berbeda-beda. Bila kita jumlahkan secara keseluruhan itulah yang disebut dengan “kuantitas penduduk Indonesia”.

Pengertian Penduduk Indonesia

Jika kalian mengunjungi kota-kota besar di Indonesia terutama di pusat-pusat perdagangan, kalian akan menjumpai berbagai ragam orang dengan berbagai ras, maupun suku bangsa.

Apakah semua termasuk penduduk Indonesia? Tentu saja tidak, sebab kemungkinan mereka adalah para wisatawan mancanegara atau orangorang asing yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Lalu siapakah yang dikategorikan sebagai penduduk Indonesia itu?
Penduduk Indonesia adalah mereka yang tinggal di Indonesia pada saat dilakukan sensus dalam kurun waktu minimal 6 bulan.

Sumber Data Penduduk

Untuk mengetahui bagaimanakah keadaan penduduk berkaitan dengan kuantitas penduduk di suatu negara diperlukan data yang lengkap dengan melakukan:
Grafik: Jumlah Penduduk Indonesia

a. Sensus penduduk (cacah jiwa)

Sensus penduduk yaitu pencatatan penduduk di suatu daerah/negara pada kurun waktu tertentu. Sensus penduduk biasanya dilakukan tiap 10 tahun sekali (setiap dekade).

b. Survei penduduk

Survei penduduk yaitu pencatatan penduduk di daerah yang terbatas dan mengenai hal tertentu.

c. Registrasi penduduk

Regristasi penduduk yaitu pencatatan data penduduk yang dilakukan secara terus-menerus di kelurahan. Misal: pencatatan peristiwa kelahiran, kematian, dan kejadian penting yang mengubah status sipil seseorang sejak lahir sampai mati.

0 Response to "Definisi atau Pengertian Penduduk Indonesia dan Sumber Data Kependudukan"

Post a Comment