Struktur Organisasi ASEAN (Association of South East Nations) dan Kedudukan Sekretariatnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang perkembangan struktur organisasi ASEAN dan sekretariat asean berkedudukan di, organisasi internasional asean.

Struktur Organisasi ASEAN

Untuk mencapai tujuannya, ASEAN memiliki struktur organisasi. Apa saja struktur organisasi ASEAN. Sebelum KTT ASEAN di Bali tahun 1976?

1. Summit Meeting

Summit Meeting merupakan sidang para kepala negara atau kepala pemerintahan. Sidang ini merupakan kekuasaan tertinggi di ASEAN. Pertemuan kepala negara atau kepala pemerintahan diadakan apabila dianggap perlu untuk memberikan pengarahan pada ASEAN.

2. Annual Ministerial Meeting

Annual Ministerial Meeting merupakan sidang tahunan menteri luar negeri ASEAN. Sidang ini bertujuan merumuskan kebijaksanaan dan koordinasi kegiatan-kegiatan ASEAN sesuai dengan Deklarasi Bangkok.

3. Sidang Menteri-Menteri Ekonomi

Sidang ini diselenggarakan dua kali dalam setahun. Sidang ini bertugas merumuskan kebijaksanaan-kebijaksanaan dan koordinasi yang khusus menyangkut masalah-masalah kerja sama ASEAN di bidang ekonomi.

4. Sidang Menteri-Menteri Nonekonomi

Sidang para menteri nonekonomi merumuskan kebijakan-kebijakan mengenai bidang mereka masing-masing. Misalnya, bidang pendidikan, sosial, kebudayaan, kesehatan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

5. Panitia Tetap atau Standing Committee

Standing Committee yaitu panitia yang bertugas membuat keputusankeputusan dan menjalankan tugas-tugas perhimpunan di antara dua sidang tahunan para menteri luar negeri ASEAN.
Gambar: Lambang ASEAN

KTT ASEAN di Bali

Setelah KTT ASEAN di Bali, struktur organisasi ASEAN mengalami perubahan. Berikut ini struktur organisasi ASEAN setelah KTT di Bali.

1. Konferensi tingkat tinggi (KTT)

Yang merupakan instansi tertinggi dalam ASEAN disusul AMM dilengkapi pertemuan menteri ekonomi lainnya sehingga susunannya menjadi:

a. Summit Meeting dan pertemuan kepala negara.

b. Annual Ministreal Meeting (AMM)

c. Standing Committee

d. Komisi tetap (Permanent Committee)

e. Komisi khusus

f. Sekretaris Nasional ASEAN

2. Dibentuk sekretariat ASEAN

Yang dipimpin sekretaris Jenderal ASEAN yang berkedudukan di Jakarta dan dijabat secara bergilir dengan masa jabatan dua tahun.

Sekjen ASEAN yang pertama adalah Letjen H.R. Sudharsono di Indonesia yang diangkat pada tanggal 7 Juni 1976. Sekjen ASEAN yang sekarang dijabat Surin Pitsuwan dari Thailand.

Bagaimana perkembangan organisasi ASEAN? Dalam perkembangannya, ASEAN telah beberapa kali mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT).

0 Response to "Struktur Organisasi ASEAN (Association of South East Nations) dan Kedudukan Sekretariatnya"

Post a Comment