Proses Terjadinya Globalisasi

Pembahasan berikut ini adalah menjelaskan tentang bagaimana proses terjadinya globalisasi?

Saluran-Saluran Proses Globalisasi

Pada pembahasan terdahulu sudah dijelaskan tentang pengertian globalisasi, bahwa globalisasi adalah masuknya segala sesuatu ke ruang lingkup dunia atau proses masuk ke lingkungan dunia. Untuk menuju ke proses globalisasi diperlukan beberapa saluran.

a. Melalui Saluran Pergaulan

Interaksi penduduk antarnegara akan menimbulkan kontak kebudayaan sehingga akan mempermudah dan mempercepat terjadinya perubahan sosial budaya.

Interaksi penduduk atau pergaulan penduduk antarnegara bentuknya dapat berupa pertukaran pelajar, homestay, pertukaran kebudayaan, belajar ke luar negeri, dan lain-lain.

Bentuk-bentuk pergaulan tersebut akan membuat seseorang tidak hanya menyerap ilmu dari negara asing tapi juga menyerap kebiasaan dan pola hidup masyarakat setempat.
Proses Globalisasi

b. Melalui Saluran Teknologi

Semakin canggihnya alat-alat teknologi sekarang ini merupakan saluran yang paling efektif untuk mempercepat globalisasi.

1) Penggabungan teknologi satelit dengan teknologi televisi membuat kita dapat mengetahui perubahan informasi dalam hitungan menit bahkan detik. Contoh perolehan medali tiap negara dalam ASIAN GAMES di Qatar tahun 2006 dapat disiarkan secara langsung.

2) Penggabungan komputer dengan teknologi komunikasi menciptakan dunia baru yaitu internet. Dengan internet dapat dilakukan komunikasi antarkomputer secara global, sehingga arus informasi antarnegara berlangsung sangat cepat.

c. Melalui Saluran Ekonomi

Proses produksi dan distribusi suatu barang merupakan contoh saluran ekonomi yang mempercepat arus globalisasi. Suatu produk tertentu prosesnya dibuat oleh beberapa negara dan hasilnya pun didistribusikan untuk beberapa negara.

d. Melalui Saluran Media Hiburan

Media hiburan merupakan saluran globalisasi yang perlu diwaspadai terutama dalam pembinaan dan perlindungan generasi muda dari kemerosotan moral.

Film, CD, DVD, play station, radio, dan pengaruh lagu yang beredar akan memberi pengaruh yang memprihatin-kan kepada generasi muda.

Kalian tentu masih ingat tayangan hiburan “smack down” di suatu televisi swasta banyak memakan korban khususnya anak-anak yang cedera karena meniru adegan dalam tayangan hiburan tersebut.

1 Response to "Proses Terjadinya Globalisasi"