Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya Di Era Global

Berikut ini adalah pembahasan tentang perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global, perubahan sosial budaya di era globalisasi, perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era globalisasi.

Manusia senantiasa mengalami perubahan dalam kehidupannya. Pengaruh globalisasi dalam perubahan sosial budaya tidak dapat kita tolak baik yang positif maupun negatif.

Pengetahuan yang makin luas di era global ini, menghasilkan teknologi yang canggih yang kemudian mengubah kehidupan manusia.

Jika pada zaman dulu, manusia mencari makan dengan cara mengumpulkan seperti berburu, mencari ikan dan buah-buahan, dan lain-lain; saat ini dilakukan dengan cara menanam.

Begitu juga dengan tempat tinggal pada kehidupan manusia dulu masih di gua-gua atau di atas pepohonan. Sekarang manusia dapat tinggal di lingkungan yang aman dan nyaman.

Tidak hanya itu, jika ingin bepergian manusia zaman dulu masih memakai tenaga hewan sebagai alat transportasi. Setelah ditemukan teknologi berkat globalisasi, perubahan terjadi pada kehidupan manusia.

Mereka tidak memerlukan waktu berbulan-bulan untuk sampai di tempat yang dituju. Adanya alat transportasi yang menggunakan tenaga mesin-mesin canggih, seperti mobil, kereta api, kapal laut dan pesawat udara membuat manusia lebih mudah untuk melangsungkan segala kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Waktu lebih efisien, mudah, dan cepat, dengan adanya kemajuan teknologi transportasi baik darat, laut maupun udara.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perubahan-perubahan sosial budaya terjadi oleh karena anggota masyarakat pada waktu tertentu merasa tidak puas lagi terhadap keadaan kehidupannya yang lama.

Norma-norma dan lembaga-lembaga sosial atau sarana penghidupan dianggap tidak memadai lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup yang baru.

Hal tersebut dilakukan manusia tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas yang lebih tinggi dari keadaan sebelumnya di segala bidang kehidupan, karena perubahan-perubahan tersebut akan terus berlangsung baik saat ini atau saat yang akan datang.
Perubahan Sosial Budaya

Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya Di Era Globalisasi

Gencarnya arus globalisasi sekarang ini akan berpengaruh besar pada perubahan sosial budaya di masyarakat, baik di pedesaan maupun di perkotaan.

1. Perubahan Pola Perilaku dan Gaya Hidup di Masyarakat

Pengaruh arus globalisasi pada pola perilaku di masyarakat dan gaya hidup tersebut, antara lain:

a. Pola Pergaulan

Pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi telah mengubah pola pergaulan masyarakat khususnya pada generasi muda. Di era globalisasi sekarang ini banyak masyarakat yang melihat bahkan meniru pola pergaulan masyarakat luar.

Pergaulan antarmasyarakat berlangsung cepat, bebas, dan terbuka, bahkan di kota-kota besar sudah ada pergaulan bebas yang dapat merusak moral generasi penerus.

b. Pola Makan

Pengaruh globalisasi pada pola makan dapat dilihat dari tempat dan cara makan yang banyak mengalami perubahan.

Bahwa masyarakat makan di rumah atau warung dengan makanan-makanan ciri khas Indonesia misalnya nasi, daging rendang, soto, sayur, lemper dan buah-buahan, sekarang makannya di restoran, café, dengan makanan-makanan ala luar negeri misalnya roti, hamburger, pizza, spaghetti, gourmet wrap, dan lain-lain.

c. Pola Pendidikan

Arus globalisasi juga memengaruhi pola dan sistem pendidikan di Indonesia. Dahulu dalam proses pendidikan seorang guru merupakan figur utama yang menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi siswa.

Namun seiring dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia juga banyak meniru pola pendidikan luar negeri yang lebih maju, baik dalam hal kurikulum, model pembelajaran maupun sarana dan prasarana penunjang yang digunakan.

Saat ini guru tidak lagi menjadi sumber ilmu pengetahuan tetapi sebagai fasilisator dan murid yang menjadi subjek utama.

Di era global ini pendidikan juga ditunjang oleh berbagai sarana dan prasarana yang lebih lengkap seperti komputer, alat-alat praktikum dan media pembelajaran yang lain.

d. Pola Perdagangan

Di era global sekarang ini di dunia banyak diciptakan daerah perdagangan bebas yaitu sistem perdagangan yang mengurangi bahkan menghilangkan hambatan-hambatan perdagangan antarnegara, seperti bea masuk dan pajak.

Contoh daerah perdagangan bebas adalah AFTA, NAFTA, APEC, UNI EROPA, dan lain-lain. Dengan perdagangan bebas arus barang dan manusia antarnegara berjalan sangat cepat.

e. Bentuk dan Pola Pakaian

Semakin pudarnya batas geografis antarnegara di era global juga akan berpengaruh pada pakaian. Aneka ragam mode, merek, peragaan busana digelar lewat iklan baik di media cetak maupun elektronik akan mudah memengaruhi perilaku masyarakat dalam berpakaian. Akibatnya jenis dan pola pakaian yang dikenakan sama dengan orang luar negeri.

2. Menentukan Sikap terhadap Pengaruh Globalisasi

Sebagai Bangsa Timur yang memegang teguh nilai-nilai luhur dan agama tentu tidak akan mudah terbawa oleh arus globalisasi.

Ada beberapa sikap yang harus dilakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi, antara lain berikut ini.

a. Menerima dan menyeleksi setiap budaya asing yang masuk ke negara kita.

b. Memegang teguh nilai-nilai luhur budaya bangsa.

c. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama yang berhubungan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

d. Mencintai produk dalam negeri.

e. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

0 Response to "Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya Di Era Global"

Post a Comment