Peran Indonesia Dalam Hubungan Kerjasama Ekonomi Internasional

Berikut ini merupakan pembahasan tentang peran indonesia dalam hubungan internasional atau peran indonesia dalam kerjasama internasional, peranan indonesia dalam hubungan internasional, peran indonesia dalam kerjasama ekonomi internasional, peran indonesia dalam perdagangan internasional.

Peran Indonesia dalam Kerja Sama Internasional

Kerja sama ekonomi regional maupun internasional mempunyai peran yang penting bagi suatu negara. Bayangkan, jika suatu negara tidak melakukan kerja sama dengan negara lain ataupun badan kerja sama internasional yang lain.

Apa yang terjadi dengan negara tersebut? Tentu, negara tersebut akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya, terutama kebutuhan akan barang dan jasa tertentu yang tidak dapat atau belum dapat diproduksi di dalam negeri. Selain itu, negara tersebut akan terisolir dari negara-negara lain.

a. Peran Indonesia dalam ASEAN

Indonesia mempunyai peran yang paling besar dalam organisasi ASEAN, mengingat Indonesia merupakan negara yang paling besar di antara negara anggota ASEAN lainnya, baik dilihat dari luas wilayahnya maupun jumlah penduduknya.
Kerjasama Ekonomi Asia Tenggara

Berikut ini beberapa bentuk peran aktif Indonesia dalam ASEAN.

1) Ikut memrakarsai dan mendirikan ASEAN.

2) Indonesia ditunjuk sebagai sekretariat tetap ASEAN pertama.

3) Sebagai tempat berlangsungnya konferensi tingkat tinggi ASEAN yang membahas masalah-masalah penting dan program-program ASEAN yang dihadiri oleh para kepala pemerintahan negara-negara ASEAN.

4) Memberi kesempatan negara-negara anggota ASEAN untuk memanfaatkan Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa (SKSD) milik Indonesia untuk digunakan secara bersama-sama.

5) Menyediakan Kepulauan Riau sebagai Pusat Karantina Tanaman dan Hewan untuk keperluan ASEAN.

6) Turut serta dalam membentuk dana devisa bersama bagi negara-negara anggota yang memerlukan.

b. Peran Indonesia dalam PBB

Sebagai salah satu anggota PBB, Indonesia ikut melakukan kerja sama dan melaksanakan tugas serta kewajibannya yang dibebankan oleh PBB.

Berikut ini peran Indonesia dalam melaksanakan tugas internasional atas permintaan PBB.

1) Dalam kaitannya dengan kerja sama ekonomi internasional, Indonesia turut menjalankan peraturan-peraturan yang menyangkut perdagangan internasional.

2) Membantu PBB dalam menangani masalah pengungsi Vietnam dengan menyediakan tempat penampungan sementara di Pulau Galang (Riau) sebelum mereka diberangkatkan ke negara lain yang bersedia menerimanya.

3) Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah KTT Gerakan Nonblok ke-10.

0 Response to "Peran Indonesia Dalam Hubungan Kerjasama Ekonomi Internasional"

Post a Comment