Pengertian MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa), Sejarah, Tujuan dan Negara-negara Anggota MEE

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satau macam organisasi ekonomi internasional diantaranya MEE, yang meliputi pengertian mee, masyarakat ekonomi eropa, tujuan mee, sejarah mee, organisasi mee.

Pengertian MEE

EEC atau Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) adalah lembaga kerja sama ekonomi dan moneter yang lahir dari Perjanjian Roma (Treaty of Roma) pada tanggal 25 Maret 1957 tentang pendirian komunitas energi atom dan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). 

Sejarah Lahirnya MEE

Lembaga-lembaga tersebut pada tanggal 1 Juli 1967 bergabung menjadi satu organisasi yaitu Masyarakat Eropa (ME) dan kemudian pada tahun 1993 menjadi Uni Eropa (European Union).

Pada awalnya kegiatan Uni Eropa hanya terbatas di bidang perdagangan. Akan tetapi sejalan dengan pertambahan anggota, kegiatan Uni Eropa berkembang tidak hanya di bidang perdagangan tetapi dalam bidang yang lebih luas seperti perpajakan, perindustrian, pertanian, dan politik.

Upaya ini dilanjutkan dengan membentuk pasaran bersama, yaitu sebuah perjanjian untuk menghapus halangan terhadap mobilitas faktor produksi sesama anggota Uni Eropa.
Gambar: Lambang MEE

Tujuan Pembentukan Organisasi MEE

MEE menegaskan tujuannya, antara lain:

  1. integrasi Eropa dengan cara menjalin kerja sama ekonomi, memperbaiki taraf hidup, dan memperluas lapangan kerja;
  2. memajukan perdagangan dan menjamin adanya persaingan bebas serta keseimbangan perdagangan antarnegara anggota;
  3. menghapuskan semua rintangan yang menghambat lajunya perdagangan internasional;
  4. meluaskan hubungan dengan negara-negara selain anggota MEE.

Untuk mewujudkan tujuannya, MEE membentuk Pasar Bersama Eropa (Comman Market ), keseragaman tarif, dan kebebasan bergerak dalam hal buruh, barang, serta modal.

Negara-negara Anggota MEE

Adapun anggota Uni Eropa terdiri atas 27 negara yaitu Irlandia, Inggris, Prancis, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Australia, Belgia, Luksemburg, Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, Finlandia, Polandia, Ceko, Hongaria, Slovenia, Siprus, Malta, Slovakia, Latvia, Lithuania, Estonia, dan Portugal.

0 Response to "Pengertian MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa), Sejarah, Tujuan dan Negara-negara Anggota MEE"

Post a Comment