Pengertian Dan Tujuan OPEC (Organisasi Negara-Negara Penghasil Dan Pengekspor Minyak) Serta Anggotanya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu badan organisasi kerjasama ekonomi internasional yaitu opec yang meliputi pengertian opec, tujuan opec, negara anggota opec, negara-negara penghasil minyak bergabung dalam, organisasi negara pengekspor minyak, negara pendiri opec, organisasi perminyakan dunia, tujuan dibentuknya opec, negara penghasil minyak bergabung dalam OPEC.

Pengertian OPEC

OPEC adalah organisasi negara-negara pengekspor minyak yang didirikan pada bulan September 1960 di Bagdad, Irak. Berdirinya OPEC diprakarsai oleh lima negara penghasil minyak utama, yaitu Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait, dan Venezuela.

Tujuan OPEC

Berikut ini tujuan OPEC.

a) Mengadakan kerja sama di bidang perminyakan.

b) Mempersatukan kebijaksanaan yang perlu ditempuh untuk melindungi negara anggota.

c) Menentang penurunan harga minyak.

d) Mengusahakan keseragaman harga minyak di pasaran dunia.

e) Mengusahakan pemenuhan kebutuhan dunia akan minyak bumi.
OPEC

OPEC berupaya menstabilkan harga minyak di pasar internasional dan menjamin kesinambungan pasokan minyak kepada negara-negara konsumen.

Salah satu cara untuk menjaga kestabilan pasar minyak internasional adalah melalui penentuan kuota (batas tertinggi) produksi minyak berdasarkan kesepakatan negara anggota.

Misalnya, apabila permintaan minyak dunia meningkat atau salah satu anggota OPEC mengurangi produksinya, maka negara anggota OPEC yang lain dapat secara sukarela meningkatkan produksi minyaknya untuk menghindari lonjakan harga yang tidak terkendali, seperti yang terjadi ketika Perang Teluk (1991).

Negara-negara Anggota OPEC

Berikut ini negara-negara anggota OPEC.

1. Arab Saudi
2. Angola
3. Irak
4. Libya
5. Kuwait
6. Nigeria
7. Iran
8. Uni Emirat Arab
9. Aljazair
10. Qatar
11. Venezuela
12. Ekuador

Pada bulan Mei 2008, Indonesia mengumumkan keluar dari OPEC, mengingat Indonesia kini telah menjadi importir minyak (sejak tahun 2003) dan tidak mampu memenuhi kuota produksi yang telah ditetapkan.

Ada kemungkinan negara-negara anggota OPEC bertambah yaitu Suriah, Sudan, Bolivia. Ketiga negara ini sudah diundang oleh OPEC untuk bergabung. Sementara itu Brazil juga ingin bergabung dengan OPEC setelah ditemukan cadangan minyak yang besar di Atlantik.

1 Response to "Pengertian Dan Tujuan OPEC (Organisasi Negara-Negara Penghasil Dan Pengekspor Minyak) Serta Anggotanya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete