Pengertian CGI (Consultative Group for Indonesia) dan IGGI (Inter Government Group on Indonesia)

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu bentuk badan organsisasi kerjasama ekonomi internasional yaitu IGGI dan CGI, apa yang dimaksud dengan CGI? Siapa negara-negara anggota CGI?

Pengertian CGI dan IGGI

CGI dibentuk oleh Bank Dunia (World Bank) atas permintaan pemerintah Indonesia sebagai pengganti IGGI. 

Anggota-anggota CGI terdiri atas negaranegara dan lembaga-lembaga internasional yang sebagian besar merupakan mantan anggota IGGI.
IGGI merupakan gabungan negara-negara industri maju yang dibentuk dengan tujuan memberikan bantuan pinjaman kepada Indonesia dengan syarat lunak. 
Pada tanggal 24 Januari 2007, Indonesia memutuskan untuk membubarkan CGI. Keputusan membubarkan CGI murni dari pemerintah Indonesia dengan alasan utamanya adalah bahwa CGI tidak lagi murni menjadi forum konsultasi perencanaan dan pendanaan pembangunan Indonesia, namun telah dimanfaatkan sebagai forum politik negara-negara donatur.
CGI dan IGGI

CGI Tidak Diperlukan?

Selain alasan utama tersebut, ada alasan lain yang mendasari mengapa keberadaan CGI tidak diperlukan lagi dalam sistem perekonomian Indonesia.

Alasan-alasan tersebut antara lain:

a) Penerimaan dari utang sudah semakin kecil dari tahun ke tahun.

Yang tetap besar adalah pembayarannya dan itu menyedot anggaran yang begitu besar, sehingga tidak ada manfaatnya melakukan transaksi utang melalui kelembagaan yang merepotkan, seperti masa IGGI 40 tahun lalu.

b) CGI sebagai forum antarbangsa sudah tidak relevan lagi.

Keberadaan CGI menyebabkan posisi Indonesia lemah dan mengakibatkan pemerintah Indonesia sulit membangun karena banyak kontrol yang dilakukan negara-negara anggota CGI.

c) Ketergantungan terhadap utang luar negeri adalah simbol kelemahan.

Utang menyebabkan negara sulit mandiri. Dalam jangka panjang akan menjadikan negara dilanda ketergantungan dan sulit berkembang. Pada akhirnya negara kita sulit terlepas dari kebiasaan meminjam utang.

d) Selama ini CGI sebagai lembaga kreditur ikut terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kebijakan ekonomi Indonesia melalui pertemuan tahunan dan menyelip di dalam transaksi utang tersebut. Lebih jauh, lembaga ini merasa mempunyai wewenang ikut campur dalam pengaturan kebijakan.

e) Utang Indonesia sebenarnya hanya kepada Jepang, ADB, dan Bank Dunia. Jadi, Indonesia merasa tidak perlu mengikutsertakan belasan negara dalam forum CGI untuk meminta utang.

Dengan dibubarkannya CGI, Indonesia menyatakan diri sudah mampu melakukan perencanaan pembiayaan pembangunan sendiri.

Pernyataan ini secara implisit untuk membuktikan kebenaran tuduhan yang selama ini dialamatkan kepada pemerintah, bahwa desain pembangunan di Indonesia adalah hasil dari tekanan lembaga-lembaga keuangan internasional dan para donatur.

0 Response to "Pengertian CGI (Consultative Group for Indonesia) dan IGGI (Inter Government Group on Indonesia)"

Post a Comment