Pengertian APEC, Sejarah, Tujuan Dan Negara-Negara Anggota APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik)

Berikut ini merupakan pembahsan tentang salah satu bentuk badan organisasi kerjasama ekonomi internasionnal yaitu kerjasama ekonomi asia pasifik, pengertian apec, sejarah apec, negara anggota apec, tujuan apec, tujuan didirikannya apec, sejarah berdirinya organisasi apec, dan negara pendiri apec.

Pengertian APEC

APEC (Asia Pasific Economic Cooperation) merupakan forum kerja sama negara di kawasan Asia Pasifik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perdagangan, dan investasi di antara sesama anggota.

APEC berlandaskan pada prinsip kesepakatan bersama yang sifatnya tidak mengikat, dialog terbuka, serta prinsip saling menghargai pandangan dan pendapat seluruh anggotanya. Keputusan yang diambil oleh APEC berdasarkan konsensus dan kesepakatan yang sifatnya sukarela.

Sejarah Lahirnya APEC

APEC didirikan pada bulan November 1989 atas prakarsa perdana menteri Australia saat itu, Bob Hawke. Pada awal berdirinya, APEC beranggotakan negara Kanada, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan negara-negara ASEAN (Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, dan Brunei Darussalam).
APEC

Negara-negara Anggota APEC

Keanggotaan APEC terus bertambah. Hingga saat ini forum APEC beranggota 21 negara. Berikut ini negara-negara anggota APEC.

  1. Amerika Serikat
  2. Indonesia
  3. Selandia Baru
  4. Australia 
  5. Jepang 
  6. Singapura
  7. Brunei Darussalam 
  8. Korea Selatan 
  9. Taiwan
  10. Cina 
  11. Kanada 
  12. Thailand
  13. Chili 
  14. Malaysia 
  15. Rusia
  16. Filipina 
  17. Mexico 
  18. Vietnam
  19. Hongkong 
  20. Papua Nugini 
  21. Peru

Sekretariat APEC berada di Kampus National University of Singapore, Singapura. Sekretariat ini terdiri atas wakil dari setiap negara anggota.

Tujuan APEC

Adapun tujuan utama forum APEC tertuang dalam Deklarasi Bogor pada tahun 1994 yang menetapkan kawasan APEC sebagai kawasan perdagangan dan investasi bebas dan terbuka.

Dalam APEC juga terdapat tiga pilar kerja sama ekonomi yaitu liberalisasi perdagangan dan investasi, fasilitas dunia usaha, dan kerja sama ekonomi dan teknis.

0 Response to "Pengertian APEC, Sejarah, Tujuan Dan Negara-Negara Anggota APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik)"

Post a Comment