Manfaat dan Tujuan Kerjasama Ekonomi Internasional

Berikut ini merupakan pembahasan tentang mengapa negara kita perlu kerja sama dengan negara lain, tujuan kerjasama ekonomi internasional, mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain? tujuan kerjasama ekonomi antar negara, tujuan kerjasama internasional dan manfaat hubungan internasional.

Tujuan Kerjasama Ekonomi Internasional

Suatu negara melakukan kerjasama ekonomi internasional pasti memiliki alasan termasuk negara kita, mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain?
Tujuan utama suatu negara melaksanakan kerjasama ekonomi internasional adalah memajukan kegiatan perekonomian suatu negara dan saling membantu dalam mengatasi kesulitan ekonomi yang dihadapi. 
Selain itu, ada beberapa tujuan yang lain dari kerja sama ekonomi antarnegara.

a. Menambah devisa negara

Suatu negara yang memproduksi barang atau jasa dan kemudian mengekspornya ke negara lain maka devisa negara tersebut akan bertambah.

b. Terbukanya kesempatan kerja

Adanya kerja sama ekonomi antarnegara berpengaruh pada peningkatan produksi barang-barang dan jasa ekspor suatu negara. Peningkatan produksi ini akan membuat negara tersebut memerlukan tenaga kerja tambahan untuk menyelesaikan produksi.

Dengan demikian terbuka lebar kesempatan kerja bagi tenaga kerja yang belum mendapat pekerjaan. Dengan terbukanya kesempatan kerja maka masalah pengangguran dapat teratasi.
Kerjasama Ekonomi Internasional

c. Transfer teknologi

Barang-barang yang diimpor suatu negara seringkali membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus. Oleh karena itu negara pengimpor tentu saja membutuhkan pelatihan dengan menggunakan teknologi. Hal ini akan mempercepat terjadinya transfer teknologi

d. Menghindari adanya persaingan antarsesama negara

Apabila terjalin kerja sama yang baik antarnegara di dunia, maka persaingan dapat dihindari terutama masalah persaingan harga. Dengan adanya kerja sama ekonomi antarnegara tentu ada aturan-aturan yang harus ditaati oleh negaranegara pelaku ekonomi.

0 Response to "Manfaat dan Tujuan Kerjasama Ekonomi Internasional"

Post a Comment