Kerjasama ASEAN di Bidang Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya

Berikut ini merupakan bentuk-bentuk kerjasama ASEAN di berbagai bidang; kerjasama asean di bidang politik, kerjasama asean di bidang ekonomi, kerjasama ekonomi asean, kerjasama asean di bidang sosial budaya.

Bentuk-bentuk Kerjasama ASEAN

Selain mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), dalam perkembangannya ASEAN juga melakukan kerja sama di berbagai bidang.

1. Bidang Politik

ASEAN mencapai kesepakatan untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan bebas nuklir. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya ZOPFAN (Zone of Freedom, Peace, and Naturality) dan SEANWFZ (Southeast Asian Nuclear Weapon Free Zone) yang dihasilkan dalam KTT ASEAN.
ASEAN

2. Bidang Ekonomi

Anggota ASEAN mendirikan berbagai proyek bersama berikut ini.

1) Proyek pabrik pupuk urea/amoniak di Indonesia dan Malaysia.

2) Proyek industri tembaga di Filipina.

3) Proyek pabrik mesin diesel di Singapura.

4) Proyek pabrik superfosfat di Thailand.

3. Bidang Sosial Budaya

Dilakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa, pemberantasan buta huruf, program tukar-menukar acara televisi ASEAN, temu karya pemuda ASEAN, dan festival ASEAN.

Salah satu bentuk kerja sama ASEAN adalah diadakannya SEA Games(South East Asian Games) yang dilaksanakan tiap dua tahun sekali. Hingga tahun 2005, SEA Games sudah dilaksanakan sebanyak 23 kali dan terakhir kali dilaksanakan di Filipina pada tahun 2005.

0 Response to "Kerjasama ASEAN di Bidang Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya"

Post a Comment