Definisi dan Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli beserta Contohnya Terlengkap

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian globalisasi menurut para ahli atau definisi globalisasi menurut para ahli serta arti globalisasi beserta contoh globalisasi.

Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demikian pesatnya. Khususnya perkembangan teknologi, seperti komputer, internet, satelit, hand phone, pesawat, dan lain-lain.

Dengan alat-alat tersebut arus informasi, barang dan orang antarnegara berlangsung sangat cepat. Contoh, dengan adanya komputer dan internet kita dapat mengirim surat elektronik (e-mail) kepada kerabat kita di negara lain dalam hitungan detik.

Bahkan lewat teknologi canggih tersebut orang dapat melakukan percakapan (chatting) lewat internet.

Dalam bidang ekonomi dengan adanya perdagangan bebas kita akan lebih mudah mendapatkan barangbarang yang berasal dari luar negeri. Akibatnya dunia ini seakan-akan kecil karena semakin pudarnya batas-batas sosial geografis antarnegara.

Dengan demikian globalisasi membawa dampak perubahan baik negatif atau yang positif bagi kehidupan masyarakat. Perubahan yang terjadi pada aspekaspek kehidupan di masyarakat misalnya sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum, pemerintahan, dan lain-lain semakin maju disebabkan berkat adanya globalisasi.

Pengertian Globalisasi

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dapat mempercepat arus informasi, barang dan orang antarnegara. Hal ini membuat dunia seakan-akan semakin kecil.

Dengan arus informasi yang cepat suatu peristiwa yang terjadi di suatu negara dengan mudah diketahui oleh masyarakat yang hidup di negara lain.

Bencana tsunami yang melanda Aceh di akhir tahun 2004 dan gempa bumi Yogyakarta tahun 2006 dalam hitungan detik sudah dapat diketahui oleh negara lain. Bahkan perhelatan akbar Piala Dunia 2006 di Jerman dapat dilihat secara langsung di Indonesia melalui televisi.

Contoh-contoh di atas menunjukkan peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan globalisasi. Apakah globalisasi itu?

Dalam pelajaran geografi kalian tentu mengenal globe. Globe adalah tiruan bumi dalam bentuk kecil. Globalisasi berasal dari kata globe tersebut.
Jadi globalisasi adalah proses mendunia atau menjadi suatu dunia. Globalisasi juga dapat diartikan masuknya segala sesuatu ke ruang lingkup dunia. 
Globalisasi

Untuk lebih memperjelas pengertian globalisasi, perhatikan definisi-definisi di bawah ini.

a. Globalisasi mengacu pada keserbaragaman hubungan dan kesalingterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern.
Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain (A.G.Mc Grew, 1992).
b. Menurut Wikipedia Encyclopedia
Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahanperubahan dalam masyarakat (changes) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan.
Dalam arti ekonomi, globalisasi mengacu terutama pada liberalisasi perdagangan atau perdagangan bebas (free trade).

c. Menurut Bank Dunia
Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.
d. Menurut IMF
Globalisasi berarti meningkatnya kesalingketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat (IMF, World Economic Outlook, Mei, 1997).
e. Menurut Para Ahli
Globalisasi adalah proses peningkatan kesalingketergantungan masyarakat dunia (Giddens).
Globalisasi adalah suatu proses sosial yang di dalamnya kendala geografi terhadap pengaturan sosial dan budaya menjadi surut dan dalam manusia menjadi semakin sadar bahwa pengaturan tersebut menjadi semakin surut (Waters).

Kesimpulan

Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa;
Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan baik dalam bidang ekonomi, politik, budaya, teknologi maupun lingkungan.
Peristiwa globalisasi dapat mempercepat perubahan sosial budaya suatu masyarakat, karena hampir tidak ada lagi kebudayaan masyarakat di suatu negara yang tertutup dan tidak menerima pengaruh budaya luar.

Dengan kata lain batas-batas antara budaya asing dengan budaya sendiri semakin sulit untuk dirumuskan. Sebenarnya globalisasi tidak hanya terjadi pada bidang sosial budaya tapi juga memengaruhi bidang-bidang lain yaitu ekonomi, politik, dan hukum.

Waters, seorang ahli sosiologi berpandangan bahwa globalisasi berlangsung di tiga bidang kehidupan yaitu perekonomian, politik, dan budaya.

Menurutya globalisasi ekonomi meliputi bidang perdagangan, produksi, investasi, ideologi, organisasi, pasar modal, dan pasar kerja.

Globalisasi politik meliputi bidang kedaulatan negara, organisasi internasional, dan budaya politik. Sedangkan globalisasi budaya meliputi ide, keagamaan, etnis, pola pertukaran barang berharga, dan pariwisata.

Contoh Glogalisasi

Untuk lebih mudah memahami konsep yang dikemukakan oleh Waters berikut ini diberikan contoh globalisasi di bidang ekonomi.

Dewasa ini banyak negara yang melaksanakan relokasi industri yaitu memindahkan lokasi industrinya ke negara lain. Relokasi industri biasanya berasal dari negara maju ke negara berkembang. Sehingga sebuah produk industri bisa dibuat oleh beberapa negara. 

Contohnya produk sepeda motor, bisa saja mesinnya dibuat di Jepang, bannya dibuat di Indonesia, kampas remnya dibuat di Singapura, dan bagian-bagian itu dirakit di negara Cina. 

Akhirnya kita sulit mengatakan buatan negara mana produk sepeda motor tersebut. Sebab produk sepeda motor ini terbentuk melalui proses globalisasi.

0 Response to "Definisi dan Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli beserta Contohnya Terlengkap"

Post a Comment