Definisi atau Pengertian Modernisasi dan Westernisasi, Ciri-ciri, Syarat-syarat serta Contoh dan Perbedaan Keduanya

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian modernisasi, pengertian westernisasi, perbedaan modernisasi dan westernisasi, definisi modernisasi, contoh westernisasi, definisi westernisasi, pengertian modernisasi menurut para ahli, pengertian modernisme, contoh modernisasi, contoh modernisasi dalam bidang politik, ciri-ciri modernisasi, syarat-syarat modernisasi.

Modernisasi dan Westernisasi

Setiap bangsa di dunia senantiasa mempunyai harapan dan cita-cita untuk mempunyai kehidupan dan penghidupan yang lebih baik. Untuk mencapai harapannya dalam masyarakat harus terdapat suatu perubahan. Salah satu proses perubahan yaitu melalui modernisasi.

Pengertian Modernisasi

Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. 
Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa modernisasi merupakan proses perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Sementara itu secara historis, modernisasi merupakan perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern.

Proses perubahan itu didorong oleh berbagai usaha masyarakat dalam memperjuangkan harapan dan cita-citanya, yaitu perubahan kehidupan dan penghidupan yang ada menjadi lebih baik.
Modernisasi

Ciri-ciri Modernsisasi

Ciri umum dari modernisasi adalah menyangkut bidang-bidang tradisi sosial ke masyarakatan, iptek, kependudukan dan mobilitas sosial. Berbagai bidang tersebut berproses sehingga mencapai pola-pola perikelakuan baru yang berujud pada kehidupan masyarakar modern.
Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa modern mempunyai pengertian sebagai berikut.

1. Suatu kemajuan yang rasional dalam segala bidang, dan meningkatnya taraf hidup masyarakat secara menyeluruh dan merata.

2. Bersifat manusiawi dan tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidup di masyarakat.

Contoh Modernisasi

Gejala-gejala modernisasi dalam kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Dalam bidang ekonomi misalnya muncul industri-industri besar, adanya berbagai lembaga-lembaga keuangan yang membuka kesempatan kredit bagi industri. 
  2. Dalam bidang politik, modernisasi ditandai oleh adanya keseragaman hukum yang dicapai melaluiproses pendidikan dalam masyarakat secara formal dan melalui media komunikasi.
  3. Sementara itu modernisasi di bidang pertanian dapat terlihat dari adanya perubahan pengolahan lahan secara sederhana menjadi teknik-teknik pengolahan lahan yang baru dengan menggunakan mesin-mesin, pupuk dan obat-obatan, irigasi teknis, penggunaan bibit unggul baru, cara-cara pemanenan dan sebagainya. Semua itu merupakan contoh hasil dari adanya modernisasi.

Syarat-syarat Masyarakat Modern

Untuk menjadi masyarakat yang modern perlu dipenuhi syarat-syarat berikut ini.

1. Cara berpikir ilmiah (scientific thinking) yang melembaga pada kelas yang memerintah (penguasa) maupun yang diperintah (masyarakat).

2. Sistem administrasi negara yang baik, tertib, efisien yang benar-benar mewujudkan birokrasi.

3. Tingkat kesadaran berorganisasi yang tinggi, artinya ada disiplin dan dalam kedisiplinan ini dapat berarti pengurangan kemerdekaan sendiri.

4. Penggunaan alat-alat komunikasi yang maju atau tinggi tingkatannya.

5. Ada sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan social planning.

6. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.

Pada penjelasan sebelumnya telah diterangkan pengertian modernisasi. Lalu apa perbedaan antara modernisasi dengan westernisasi.

Pengertian Westernisasi

Westernisasi adalah proses peniruan oleh suatu masyarakat atau negara tentang kebudayaan dari negara-negara Barat yang dianggap lebih baik dari budaya sendiri. 
Dengan kata lain westernisasi adalah sikap kebarat-baratan, sikap mendewakan semua yang berasal dari Barat atau sikap mengadopsi semua yang berasal dari Barat tanpa seleksi. Sehingga westernisasi dapat membahayakan kepribadian bangsa.

Perbedaan Modernisasi dan Westernisasi

Untuk lebih memahami pengertian modernisasi dan westernisasi berikut ini dapat dijelaskan beberapa hal.

1. Modernisasi lebih baik dari pada westernisasi karena proses perkembangannya yang umum untuk semua masyarakat dan pangertian itu dapat menampung bentuk-bentuk khusus kebudayaan dari perkembangan umum tersebut.

2. Proses westernisasi terjadinya bersamaan dengan proses modernisasi, karena perkembangan masyarakat modern itu terjadi di dalam kebudayaan Barat sedangkan budaya Barat dipandang sebagai satu-satunya kemungkinan yang ada.

3. Maju dan mundurnya suatu masyarakat sangat ditentukan oleh kecakapankecakapan, kemajuan ilmu pengetahuan, dan penguasaan teknologi.

0 Response to "Definisi atau Pengertian Modernisasi dan Westernisasi, Ciri-ciri, Syarat-syarat serta Contoh dan Perbedaan Keduanya"

Post a Comment