Dampak Positif Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Internasional Bagi Indonesia

Berikut ini adalah pembahasan tentang dampak positif kerjasama ekonomi internasional, dampak kerjasama ekonomi internasional, dampak perdagangan internasional, dampak positif perdagangan internasional, dampak globalisasi di bidang ekonomi.

Adanya kerja sama ekonomi antarnegara membawa dampak terhadap perekonomian Indonesia. Namun tidak semua bentuk kerja sama ekonomi antarnegara membawa dampak yang baik terhadap perekonomian. Hal ini karena adanya intervensi terhadap keputusan ekonomi dan politik suatu negara.

Hubungan kerja sama ekonomi antarnegara dapat terwujud dengan baik apabila sesama negara anggota dapat saling menghargai dan mendukung kesepakatan bersama tanpa adanya unsur mencampuri urusan negara lain.

Dampak Positif Kerja Sama Ekonomi terhadap Perekonomian Indonesia

Berikut ini beberapa dampak positif kerja sama ekonomi antarnegara.

a. Meningkatkan Daya Saing Ekonomi

Hubungan kerja sama ekonomi internasional akan memberikan peluang dan tantangan bagi produsen untuk bersaing di pasar regional maupun internasional, sehingga memacu produsen untuk benar-benar memerhatikan kualitas produk yang dipasarkan sesuai dengan standar internasional.

Hal ini dimaksudkan supaya produk dalam negeri dapat bersaing dengan produk-produk negara maju. Apabila produk yang dihasilkan mampu bersaing, maka akan mempermudah pemasarannya di tingkat internasional.

Dengan demikian, akan menambah pendapatan negara yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian negara.
Daya Saing Ekonomi

b. Menarik Investasi

Kerja sama ekonomi antarnegara dapat dijadikan sebagai forum untuk mempromosikan potensi ekonomi negara. Hal ini sangat menguntungkan bagi Indonesia karena forum tersebut dapat digunakan sebagai ajang menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Contohnya, banyak industri kecil di Indonesia seperti kerajinan mebel, ukir, batik, atau potensi sumber daya alam yang banyak belum dikelola secara maksimal membutuhkan modal agar dapat berkembang menjadi industri besar.

Jika para investor asing banyak yang tertarik dengan potensi ekonomi yang dimiliki Indonesia, mereka tentu akan menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan banyaknya modal yang ditanam para investor, maka pengembangan industri kecil menjadi industri besar dapat dilakukan.

c. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Perdagangan internasional dapat menciptakan lapangan kerja baru dan masuknya investor asing dapat memperluas kegiatan produksi di sektor industri ataupun manufaktur.

Kegiatan produksi tersebut tentunya juga akan membutuhkan tenaga kerja. Dengan demikian, adanya industri baru dapat menyerap tenaga kerja baru dan akhirnya dapat mengurangi pengangguran.

d. Memperkuat Posisi Perdagangan

Kegiatan perdagangan antarnegara yang terjalin dengan baik dapat menciptakan penghapusan hambatan-hambatan dalam perdagangan, seperti pembebasan tarif bea masuk, pajak, kuota, dan sebagainya.

Hal ini akan memperlancar kegiatan ekspor dan impor dan akan menciptakan perdagangan yang saling menguntungkan. Dengan demikian, perdagangan dalam negeri akan semakin kuat dan akibatnya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Contohnya, dibentuknya Kawasan Ekonomi Khusus di Pulau Batam dan Bintan oleh Indonesia dan Singapura.

0 Response to "Dampak Positif Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Internasional Bagi Indonesia"

Post a Comment