Dampak Negatif Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Internasional Bagi Indonesia

Berikut in merupakan pembahasan tentang dampak kerjasama ekonomi internasonal atau dampak kerjasama perdagangan internasonal, dampak negatif kerjasama ekonomi internasional, dampak negatif perdagangan internasional.

Selain berdampak positif, kerjasama ekonomi dan perdagangan internasional juga menyisakan dampak negatif bagi bangsa Indonesia. Apakah dampak-dampak negatif kerjasama ekonomi dan perdagangan internasional bagi Indonesia?

Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi terhadap Perekonomian Indonesia

Berikut ini adalah bebarapa dampak negatif kerjasama ekonomi dan perdagangan internasonal bagi bangsa Indonesia:

a. Ketergantungan dengan Negara Lain

Banyaknya pinjaman modal dari luar negeri dapat membuat Indonesia selalu bergantung pada bantuan negara lain. Hal ini akan menyebabkan Indonesia tidak dapat mengembangkan pembangunan yang lebih baik.

Contohnya, keberadaan IMF dan bantuan dana (modal) yang diberikan membuat Indonesia selalu tergantung pada utang luar negeri.

Utang akan menyebabkan negara kita sulit mandiri. Dalam jangka pendek utang tersebut bisa menyelesaikan suatu permasalahan. Namun, dalam jangka panjang akan menjadikan Indonesia dilanda ketergantungan dan sulit berkembang.
Ketergantungan Indonesia terhadap Negara lain

b. Intervensi Negara Asing ke Indonesia

Sikap ketergantungan yang semakin dalam pada negara lain dapat menyebabkan negara lain berpeluang melakukan campur tangan pada kebijakan-kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah.

Hal ini dapat merugikan rakyat dan pihak asing akan diuntungkan. Contohnya, adanya campur tangan anggota-anggota CGI seputar persoalan HAM.

Selain itu, agenda-agenda politik yang selalu dibicarakan oleh negara-negara donatur CGI pada setiap pertemuan di forum CGI.

Jadi, secara tidak langsung CGI sebagai lembaga kreditur ikut terlibat secara tidak langsung maupun langsung dalam kebijaksanaan ekonomi Indonesia melalui pertemuan tahunan.

Lembaga ini lebih jauh, merasa mempunyai wewenang ikut campur dalam pengaturan kebijakan. Hal itu sangat merugikan dalam suatu sistem perekonomian.

c Masuknya Tenaga Kerja Asing ke Indonesia

Alih teknologi yang timbul dari kerja sama ekonomi antarnegara memungkinkan masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia. Karena tenaga kerja asing lebih menguasai teknologi tersebut dibandingkan tenaga kerja Indonesia.

Hal ini berakibat keterlambatan alih teknologi ke Indonesia yang disebabkan tenaga kerja Indonesia tidak bisa langsung menerapkannya.

Contohnya, perusahaan otomotif yang perakitannya ada di Indonesia, tentu membutuhkan tenaga ahli dari luar negeri untuk merakitnya, karena tenaga kerja Indonesia tidak bisa secara langsung mempelajari dan menerapkan teknologi baru. Mereka harus melakukan adaptasi dulu dengan teknologi baru tersebut.

d. Mendorong Hidup Konsumtif

Promosi dan iklan barang-barang hasil produksi dari negara lain serta kekuatan monopoli pasar akan mendorong masyarakat Indonesia lebih konsumtif bahkan menjadi pola hidup.

Contohnya, maraknya produk-produk elektronika di Indonesia menjadikan seperti tv, DVD player, hand phone, komputer, dan lain-lain dari luar negeri seperti korea, Jepang, Cina menjadikan masyarakat kita konsumtif bahkan menjadi pola hidup.

0 Response to "Dampak Negatif Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Internasional Bagi Indonesia"

Post a Comment