5 Negara Pendiri ASEAN dan Sejarah Terbentuknya ASEAN

Berikut ini merupakan pembahasan tentang sejarah ASEAN lengkap yaitu mengenai sejarah berdirinya ASEAN dan sejarah terbentuknya ASEAN, ASEAN didirikan pada tanggal berapa? Atau tanggal berdirinya ASEAN, negara pendiri ASEAN, 5 tokoh pendiri ASEAN, 5 negara pendiri asean.

Sejarah Berdirinya ASEAN

Berdasarkan sejarah Asia Tenggara, bangsa-bangsa di Asia Tenggara mengalami penderitaan yang sama yaitu pernah dijajah oleh bangsa Barat.

Selain itu, bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara sangat rawan dengan adanya konflik yang kemungkinan besar dapat dimanfaatkan oleh bangsa Barat.

Oleh karena itu, untuk menjaga persatuan serta untuk memperkuat kedudukan dan kestabilan sosial ekonomi di Asia Tenggara, maka diperlukan suatu forum kerja sama regional.
Gambar: Foto 5 Tokoh Pendiri ASEAN

5 Tokoh Pendiri ASEAN

Sehubungan dengan hal tersebut, maka para menteri luar negeri dari lima negara, yaitu

  1. Adam Malik (Indonesia), 
  2. S. Rajaratnam (Singapura), 
  3. Narcisco Ramos (Filipina), 
  4. Tun Abdul Razak (Malaysia), dan 
  5. Thanat Khoman (Muangthai) 

Mereka merasa berkewajiban untuk membentuk suatu badan kerja sama regional di Asia Tenggara.

Tanggal Berdirinya ASEAN

Pada tanggal 5 - 8 Agustus 1967, kelima negara tersebut mengadakan suatu pertemuan di Bangkok. Dalam pertemuan tersebut menghasilkan suatu deklarasi yang diberi nama Deklarasi Bangkok yang kemudian menjadi dasar lahirnya Association of South East Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.
Jadi, ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok.
Gambar: Lambang ASEAN

5 Negara Pendiri ASEAN

Pada awal berdirinya, anggota ASEAN hanya lima negara yang juga bertindak sebagai pendiri ASEAN. Kelima negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. 

10 Negara Anggota ASEAN

Namun, dalam perkembangannya anggota ASEAN mencakup semua negara di kawasan Asia Tenggara. Pada tanggal 7 Januari 1984 Brunei Darussalam masuk menjadi anggota ASEAN keenam.
Gambar: Negara-negara Anggota ASEAN

Kemudian diikuti oleh Vietnam (pada tanggal 28 Juli 1995), Laos dan Myanmar (pada tanggal 23 Juni 1997) dan terakhir Kamboja (pada tanggal 30 April 1999).

1 Response to "5 Negara Pendiri ASEAN dan Sejarah Terbentuknya ASEAN"