Pengertian Valuta Asing (Valas) dan Kurs Valuta Asing dilengkapi Daftar Mata Uang Asing Negara-negara Dunia

Berikut ini adalah masih membahas tentang salah satu jenis alat pembayaran perdagangan internasional yaitu valuta asing, yang meliputi pengertian valuta asing, pengertian valas, contoh valuta asing, kurs valuta asing, kurs mata uang, kurs rupiah, kurs dollar, nilai tukar rupiah, kurs valas, kurs mata uang asing, nilai tukar mata uang, daftar mata uang asing, dan kurs mata uang asing terhadap rupiah.

Pengertian Valuta Asing (Valas)

Kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh beberapa negara menimbulkan hubungan ekonomi antarnegara. Hubungan ekonomi antarnegara selanjutnya berkembang menjadi perdagangan internasional. 

Negara-negara yang terlibat di dalam perdagangan internasional ini menggunakan mata uang yang berbeda-beda, yang disebut valas (valuta asing). Valuta asing merupakan salah satu bentuk devisa.
Valuta asing adalah mata uang suatu negara yang digunakan sebagai alat pembayaran di negara lain. Misalnya, dolar Singapura, ringgit Malaysia, dan dolar Amerika (US$).
 Contohnya, Edi ingin pergi ke Singapura untuk berwisata. Setelah sampai di Singapura, Edi merasa lapar dan ingin makan di sebuah restoran. Sebelum keluar dari restoran, Edi pergi ke kasir untuk membayar makanan yang ia santap. 

Seorang kasir menyodorkan nota penjualan dengan satuan uang dolar Singapura. Edi kemudian mengambil uang rupiah di dalam sakunya, akan tetapi penjaga kasir tidak mau menerima uang rupiah tersebut.

Petugas kasir kemudian meminta Edi untuk menukarkan uangnya terlebih dahulu dengan dolar Singapura (petugas kasir sambil menunjuk tempat penukaran uang asing, yaitu money changer). Setelah Edi mendapatkan uang dolar Singapura, baru petugas kasir mau menerima pembayaran dari Edi.

Dari contoh tersebut diketahui bahwa uang rupiah yang dibawa Edi merupakan valuta asing bagi negara Singapura. Begitu juga sebaliknya, orang Singapura yang ke Indonesia dan membawa dolar Singapura merupakan valuta asing bagi Indonesia.
Pengertian Valuta Asing (Valas) dan Kurs Valuta Asing dilengkapi Daftar Mata Uang Asing Negara-negara Dunia
Gambar: Ilustrasi Valuta Asing

Kurs Valuta Asing

Masing-masing valuta asing mempunyai nilai yang berbeda, semakin maju dan kuat perekonomian suatu negara, maka semakin tinggi pula nilai mata uangnya.
Nilai mata uang asing atau valuta asing adalah suatu nilai yang menunjukkan jumlah mata uang dalam negeri yang diperlukan untuk mendapat satu unit mata uang asing. 
Perbandingan antara nilai mata uang asing dengan mata uang dalam negeri suatu negara disebut nilai tukar (kurs). 
Nilai kurs bergantung pada permintaan dan penawaran saat terjadinya transaksi. Bila kurs suatu valuta asing tinggi dapat dikatakan bahwa valuta asing tersebut menguat.

Contoh Kurs Valuta Asing

Contohnya, pada tanggal 14 Oktober 2015 tertulis harga jual US$ 1 = Rp13.100,00. Kemudian pada tanggal 17 Oktober 2015 harga jual US$ 1 = Rp13.105,00.

Dari data tersebut, terlihat bahwa nilai dolar Amerika Serikat menguat karena harganya menjadi lebih lebih tinggi. Sebaliknya, nilai rupiah terhadap dolar melemah, demikian seterusnya.

Kita dapat menukarkan mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain di bank-bank devisa yang melayani penukaran mata uang asing (money changer). Keuntungan bank diperoleh dari selisih kurs jual dan kurs beli mata uang asing.
Kurs jual adalah kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank menjual mata uang asing, sementara itu kurs beli adalah kurs yang diberlakukan oleh bank apabila membeli mata uang asing. 
Contohnya, apabila kalian mempunyai US$ 1.000 dan ingin menukarnya dengan mata uang rupiah, maka besarnya uang yang akan kalian terima adalah US$ 1.000 x Rp13.050,00 = Rp13.050.000,00.

Pada saat kalian menukarkan mata uang dolar ke mata uang rupiah tersebut, bank akan memberlakukan kurs beli.

Tetapi apabila kalian membutuhkan US$ 1.000 untuk dikirim kepada saudara kalian yang berada di Washington AS, maka kalian harus menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang dolar.

Uang rupiah yang perlu kalian tukarkan adalah sebesar US$1.000 x Rp13.100,00 = Rp13.100.000,00. Pada saat kalian menukarkan rupiah dengan dolar, maka bank akan memberlakukan kurs jual.

Dari uraian tersebut, dapat kita ketahui bahwa mata uang asing dapat diperdagangkan. Oleh karena itu, harga mata uang asing dapat naik turun.

Naik turunnya kurs valuta asing dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran. Bila permintaan terhadap mata uang dolar sangat kuat, maka kurs dolar menjadi naik. Sebaliknya, apabila permintaan terhadap dolar melemah, maka kurs dolar turun.

1 Response to "Pengertian Valuta Asing (Valas) dan Kurs Valuta Asing dilengkapi Daftar Mata Uang Asing Negara-negara Dunia"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete