Latar Belakang Berdirinya Gerakan Non Blok (GNB) serta Tokoh Pendiri dan Pemrakarsa (Pelopor) Gerakan Non Blok

Berikut ini merupakan pembahasan tentang latar belakang gerakan non blok, pendiri gerakan non blok, latar belakang gnb, latar belakang berdirinya gerakan non blok, latar belakang berdirinya gnb, tokoh pendiri gerakan non blok, pemrakarsa gerakan non blok, latar belakang lahirnya gerakan non blok, tokoh pemrakarsa gerakan non blok, pelopor gerakan non blok, tokoh penggagas gerakan non blok, gerakan non blok didirikan pada tahun 1961 di kota.

Latar Belakang Berdirinya Gerakan Non Blok

Situasi Perang Dingin ini pengaruhnya dirasakan oleh negara-negara yang baru merdeka di Asia dan Afrika serta Amerika Latin.

Mereka menganggap bahwa suasana Perang Dinginlah yang menjadi sumber ketegangan-ketegangan di seluruh penjuru dunia yang sewaktu-waktu dapat mengancam kemerdekaan nasional masyarakat dunia.

Untuk itu negara-negara yang netral atau yang tidak memihak dengan salah satu blok tersebut (Non Alignment) kemudian membentuk Gerakan Negara-Negara Nonblok.
Gerakan Nonblok ini dibentuk guna mempertahankan diri dengan jalan mempersatukan diri (antara negara-negara netral) dalam menghadapi intervensi dan pengaruh, baik dari Blok Barat maupun Blok Timur. 

Tokoh Pendiri Gerakan Non Blok

Gerakan Nonblok ini lahir sekitar tahun 1960-an atas dasar inisiatif dari lima negara berikut ini.
Gambar: Foto Tokoh Pendiri Gerakan Non Blok

1. Indonesia diwakili oleh Ir. Soekarno.

2. India diwakili oleh Jawaharlal Nehru.

3. Mesir diwakili oleh Gamal Abdul Nasser.

4. Yugoslavia diwakili oleh Joseph Broz Tito.

5. Ghana diwakili oleh Presiden Kwame Nkrumah.

Gagasan Gerakan Nonblok ini telah ada ketika negara-negara Asia Afrika mengadakan KAA pada tahun 1955.

Pada Konferensi Asia Afrika ini dicapai kata sepakat tentang penggalangan solidaritas bersama terhadap kolonialisme dan sikap bersama terhadap situasi dunia (pada waktu itu terjadi Perang Dingin).

Peranan Indonesia dalam Gerakan Nonblok sudah terjadi sejak dilaksanakannya Konferensi Asia Afrika. Indonesia telah melaksanakan kebijakan politik luar negerinya yang bersifat bebas aktif.

Sebagai salah satu perintis Gerakan Nonblok, Indonesia juga aktif dalam persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Nonblok.

0 Response to "Latar Belakang Berdirinya Gerakan Non Blok (GNB) serta Tokoh Pendiri dan Pemrakarsa (Pelopor) Gerakan Non Blok"

Post a Comment