Kapan Timor Timur Lepas dari Indonesia?

Berikut ini merupakan pembahasan tentang lepasnya timor timur dari nkri, disintegrasi timor timur, jajak pendapat timor timur 1999, peristiwa timor timur 1999, kerusuhan timor-timur pasca jajak pendapat, kapan timor timur lepas dari indonesia, referendum timor timur, peristiwa kemerdekaan timor timur, timor timur melepaskan diri dari indonesia.

Provinsi Timor Timur

Di tengah-tengah pembangunan yang sedang berlangsung terjadi pertikaian antara kelompok pendukung integrasi dan kelompok antiintegrasi di Timor Timur yang belum diselesaikan secara tuntas.

Fretilin mulai bangkit lagi. Perjuangan Fretilin tidak hanya dilakukan di dalam negeri, tetapi juga dilakukan di luar negeri.

Perjuangan di dalam negeri dipimpin oleh Xanana Gusmao dan di luar negeri dipimpin oleh Ramos Horta. Mereka tidak puas dengan pilihan rakyat Timor Timur untuk bergabung dengan Indonesia.

Mereka menuntut supaya diadakan kembali jajak pendapat untuk menentukan masa depan Timor Timur. Usaha Fretilin ini mendapat dukungan dari berbagai pihak di luar negeri, terutama Portugal.

Di forum PBB, integrasi Timor Timur dengan Indonesia belum diakui sehingga Timor Timur dianggap sebagai daerah yang belum memiliki pemerintahan sendiri.

Referendum atau Jajak Pendapat Timor Timur

Sejak berakhirnya pemerintahan Orde Baru pada tanggal 21 Mei 1998 terjadi pergantian presiden dari Soeharto kepada B.J. Habibie. Hal itu membuka cakrawala baru bagi penyelesaian masalah Timor Timur.

Akhirnya, pada masa pemerintahan B.J. Habibie, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk melakukan jajak pendapat di Timor Timur.
Kapan Timor Timur Lepas dari Indonesia?
Gambar: Bendera Timor Timur

Referendum/jajak pendapat akhirnya dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 1999 di bawah pengawasan misi PBB untuk Timor Timur, yaitu UNAMET (United Mission for East Timor).
Hasil jajak pendapat ini menunjukkan bahwa mayoritas rakyat Timor Timur (78,5%) memilih melepaskan diri dari Indonesia dan berdiri sebagai negara merdeka.
Hasil jajak pendapat ini diumumkan oleh Sekjen PBB, Kofi Annan, pada tanggal 4 September 1999 dan selanjutnya pada tanggal 19 Oktober 1999 MPR RI mengeluarkan ketetapan yang mengesahkan hasil jajak pendapat mengenai Timor Timur. Sejak saat itulah, Timor Timur secara resmi lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Setelah melalui masa transisi maka pada tanggal 20 Mei 2002 Timor Timur mendapatkan kemerdekaan penuh dengan nama Republik Demokratik Timor Leste dengan presidennya yang pertama Xanana Gusmao dari Partai Fretilin.
Setelah tujuh tahun memisahkan diri dari Indonesia, di Timor Leste muncul konflik antarelite politik. Sebagai contoh, adanya tarik-menarik kepentingan antara Presiden Xanana Gusmao dan Perdana Menteri Mari Alkatiri yang mundur dari jabatannya. Konflik ini disebabkan Alkatiri memecat 600 tentaranya dan telah menyebabkan 27 warga tewas.

0 Response to "Kapan Timor Timur Lepas dari Indonesia?"

Post a Comment