Definisi atau Pengertian Perdagangan Internasional dan Perdagangan Dalam Negeri serta Perbedaannya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang perdagangan internasional yang meliputi definisi perdagangan internasional, pengertian perdagangan internasional, definisi dan pengertian perdagangan dalam negeri serta perbedaan perdagangan internasional dan perdagangan dalam negeri.

Perkembangan ekonomi internasional mengalami perubahan yang cepat dan sangat mendasar menuju ke sistem ekonomi global yang ditandai semakin ketatnya persaingan perdagangan di dunia internasional.

Sehubungan dengan hal itu, maka tiap negara perlu mengadakan suatu hubungan atau kerja sama dengan negara lain terutama dalam hal perdagangan. Mengapa hampir semua negara di dunia melakukan perdagangan internasional?

Tidak ada satu negara pun yang dapat mengasingkan diri dari dunia internasional dan swasembada dalam perekonomiannya. Karena itu, corak ekonomi dan perdagangan suatu negara dapat mengalami perubahan.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa sejak lama kegiatan perdagangan internasional telah memberikan beberapa sumbangan penting bagi pertumbuhan ekonomi setiap negara.
Definisi atau Pengertian Perdagangan Internasional dan Perdagangan Dalam Negeri serta Perbedaannya
Gambar: Kegiatan Ekspor dan Impor bagian dari Perdagangan Internasional

Ekspor akan memperluas pasar barang-barang buatan dalam negeri mereka dan ini memungkinkan perusahaan dalam negeri mereka mengembangkan kegiatannya. Demikian juga dengan kegiatan impor.

Kegiatan impor dapat memberikan sumbangan pada pertumbuhan ekonomi, yaitu industri-industri dalam negeri mereka dapat mengimpor mesin-mesin dan bahan mentah yang kurang.

Tetapi perlu disadari bahwa keterbukaan dalam bidang perekonomian tidak selalu menguntungkan. Impor yang berlebih-lebihan dapat mengurangi kegiatan ekonomi di dalam negeri, karena konsumen selalu menggunakan barang buatan luar negeri dan tidak menggunakan barang buatan dalam negeri.

Dengan demikian, akan mengakibatkan banyak pengangguran, modal dalam negeri akan mengalir ke luar negeri, dan terjadi ketidakseimbangan antara aliran uang dari dalam negeri ke luar negeri dan aliran uang dari luar negeri ke dalam negeri.

Pembahasan materi berikut ini akan membuat kalian mampu mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.

Perdagangan Internasional

Perlu diketahui bahwa awal penggunaan uang diawali dengan proses tukar menukar barang dengan barang. Dari sini akhirnya timbul perdagangan meskipun dalam lingkup yang masih terbatas.

Perdagangan ini kemudian lama-lama menjadi semakin luas seiring dengan bertambahnya kebutuhan manusia. Alat pertukarannya pun sudah tidak menggunakan barang lagi, namun menggunakan uang sehingga menjadi lebih praktis dan mudah.

Perdagangan tidak hanya dilakukan antarindividu atau antarpedagang dalam suatu wilayah (daerah) atau negara saja, namun sudah dilakukan antarnegara yang akhirnya menimbulkan perdagangan internasional.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan Internasional

Perdagangan internasional timbul dikarenakan setiap negara mempunyai beberapa perbedaan, antara lain: perbedaan kandungan sumber daya alam yang dimiliki, iklim, penduduk, spesifikasi tenaga kerja, letak geografi, teknologi, kondisi ekonomi, sosial, politik, dan sebagainya.

Perbedaan ini menimbulkan kegiatan tukar-menukar barang atau jasa antarnegara yang berlangsung atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan.

Maksudnya, antara kedua belah pihak memperoleh manfaat atau keuntungan dengan memberikan peluang kepada setiap negara untuk mengekspor barangbarang yang faktor produksinya berlimpah dan mengimpor barang-barang yang faktor produksinya langka.

Pengertian Perdagangan Internasional

Berdasarkan uraian di atas, sebenarnya apa yang dimaksud perdagangan internasional?
Perdagangan internasional adalah hubungan kegiatan ekonomi antarnegara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang dan atau jasa atas dasar sukarela dan saling menguntungkan.

Perbedaan Perdagangan Internasional dengan Perdagangan dalam Negeri

Perdagangan internasional berbeda dengan perdagangan dalam negeri. Perbedaan-perbedaan antara kedua perdagangan tersebut dapat kalian lihat dalam tabel berikut ini.

Perdagangan Internasional
Perdagangan Dalam Negeri
1. Alat tukarnya menggunakan valuta asing (valas), sehingga menimbulkan kurs valuta asing.
2. Berkaitan dengan peraturan atau ketentuan dari negara lain yang memiliki perbedaan sistem ekonomi, tarif pajak, standar mutu, dan lain-lain.
3. Tata cara transaksi jual beli memakan waktu yang relatif lama, karena jarak antara negara yang satu dengan negara lain relatif jauh dan adanya prosedur ekspor dan impor yang rumit.
4. Cara pembayarannya lebih rumit dan berisiko tinggi.
5. Barang-barang dagangan harus memenuhi standar mutu internasional.
6. Lebih peka terhadap kemajuan Iptek.
1. Alat tukar menggunakan mata uang dalam negeri, sehingga tidak ada kurs valas.
2. Berkaitan dengan kebijaksanaan pemerintah di dalam negeri yang berlaku sama bagi setiap kegiatan perdagangan.
3. Tata cara transaksi jual beli relatif lebih cepat.

4. Cara pembayarannya lebih praktis dan mudah serta risikonya rendah.
5. Standar mutu barang-barang dagangan relatif lebih rendah dari barang-barang ekspor.
6. Kurang peka terhadap kemajuan Iptek.

Demikian pembahasan lengkap tentang definisi dan pengertian perdagangan internasional dilengkapi dengan perbedaan antara perdagangan internasional dan perdagangan dalam negeri.

1 Response to "Definisi atau Pengertian Perdagangan Internasional dan Perdagangan Dalam Negeri serta Perbedaannya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete