Definisi atau Pengertian Devisa, Fungsi dan Sumber Devisa Negara serta Macam-macam Jenis Devisa

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu jenis alat pembayaran perdagangan internasional yaitu devisa yang meliputi pengertian devisa, definisi devisa, macam-macam devisa, jenis jenis devisa, sumber devisa negaran dan fungsi devisa.

Pengertian Devisa Negara

Apabila kita ingin berbelanja barang di dalam negeri, pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang kita sendiri (rupiah).

Akan tetapi bila kita berbelanja di negara lain, masyarakat di negara tersebut belum tentu dapat menerima alat pembayaran yang kita gunakan seperti di dalam negeri.

Hal tersebut terjadi karena alat pembayaran yang kita gunakan di dalam negeri belum tentu dapat digunakan di negara lain. Perbedaan sarana dan cara pembayaran inilah yang menjadi permasalahan.

Untuk memecahkan masalah tersebut, maka dalam perdagangan internasional disepakati bahwa sarana dan cara pembayaran dalam perdagangan internasional harus menggunakan valuta asing atau devisa.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah devisa itu?
Devisa adalah semua barang yang dapat dipakai sebagai alat pembayaran internasional atau antarnegara, serta dapat diterima oleh dunia internasional. Devisa dapat berupa wesel asing, cek, valuta asing, emas batangan, surat-surat berharga, dan sebagainya.
Fungsi utama devisa adalah mempermudah pertukaran dan pembayaran antarnegara. Jika sebuah negara memiliki devisa yang setiap tahunnya selalu bertambah, maka kegiatan ekonomi negara tersebut dapat dikatakan berkembang.

Macam-macam Jenis Devisa

Adapun macam devisa ada dua, yaitu devisa kredit dan devisa umum.

a. Devisa Kredit

Devisa kredit adalah devisa yang dipakai untuk pembiayaan impor. Tingkat devisa kredit ditentukan oleh pemerintah dan bukan oleh penawaran dan permintaan.

b. Devisa Umum

Devisa umum adalah devisa yang diperoleh dari hasil ekspor atau dari penjualan jasa maupun dari transfer. Tingkat devisa umum ditentukan oleh penawaran dan permintaan.
Di Indonesia terdapat lembaga yang bertugas mengawasi devisa, yaitu Biro Lalu Lintas Devisa (BLLD). Penggunaan devisa, baik yang dilakukan oleh swasta maupun pemerintah perlu diawasi.

Hal tersebut untuk mencegah adanya penghamburan devisa. BLLD didirikan dengan tugas untuk mengawasi penggunaan devisa dan berusaha menambah pemasukan devisa.
Definisi atau Pengertian Devisa, Fungsi dan Sumber Devisa Negara serta Macam-macam Jenis Devisa
Gambar: Devisa Negara

Sumber-Sumber Devisa Negara


a. Kegiatan Ekspor

Kegiatan ekspor akan membuka jalan bagi produsen dalam negeri untuk memperluas pasar bagi produknya melalui penjualan di pasar luar negeri. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai sumber devisa negara, misalnya minyak bumi, hasil laut, dan hasil hutan.

b. Penyelenggaraan Jasa-Jasa

Kegiatan penyelenggaraan jasa yang mendatangkan devisa, antara lain: lapangan terbang atau bandar udara, pelabuhan, kapal-kapal layar ke luar negeri, jasa pengiriman barang-barang ekspor dan impor, dan jasa perbankan.

c. Pariwisata

Sumber devisa dari sektor pariwisata adalah datangnya para wisatawan asing ke Indonesia. Para wisatawan asing tersebut akan menukarkan uang negaranya (valuta) dengan uang rupiah. Valuta asing yang ditukarkan dengan rupiah merupakan devisa bagi negara.

d. Bantuan Luar Negeri dan Hadiah (Grants)

Bantuan yang berasal dari luar negeri bila berwujud barang akan menghemat devisa. Dengan demikian, Indonesia tidak perlu mengeluarkan devisa untuk membeli barang-barang tersebut.

Hal ini berarti akan menambah devisa secara tidak langsung. Bila ada bantuan dari luar negeri yang berupa valuta asing, maka hal tersebut dapat menambah devisa negara secara langsung.

e. Pinjaman Luar Negeri

Pinjaman yang berupa valuta asing dapat digunakan untuk membiayai impor barang dan jasa serta kebutuhan negara yang berhubungan dengan negara lain.

Meskipun pinjaman tersebut pada akhirnya juga harus dikembalikan, tetapi pada saat menerima pinjaman luar negeri akan menambah devisa.

f. Kiriman Uang Asing atau Valuta Asing

Kiriman uang asing atau valuta asing dari warga Indonesia yang berada di luar negeri kepada saudaranya di Indonesia juga dapat menambah devisa.

Contohnya, Banu adalah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Arab Saudi, setelah beberapa bulan dia mengirimkan sebagian gajinya dalam mata uang real kepada orang tuanya di Indonesia.

Uang real tersebut akan dapat digunakan orang tuanya bila sudah ditukar dengan rupiah. Uang real yang ditukarkan tersebut merupakan tambahan devisa bagi negara.

Fungsi Devisa

Setiap negara memerlukan devisa untuk membiayai semua transaksi yang berhubungan dengan luar negeri. Berikut ini adalah beberapa fungsi devisa.

a. Membiayai impor barang-barang.

b. Membiayai jasa-jasa yang diterima dari luar negeri.

c. Membiayai perjalanan dinas para pejabat ke luar negeri.

d. Membiayai kantor-kantor kedutaan di luar negeri.

e. Membiayai kantor-kantor konsulat atau militer di luar negeri.

f. Membiayai pengiriman misi kesenian atau kebudayaan ke luar negeri.

g. Membiayai kontingen olahraga ke luar negeri.

h. Membayar bunga atas obligasi dan dividen atas saham yang telah dijual ke luar negeri.

i. Membayar cicilan pokok utang yang telah diterima dari luar negeri.

j. Membiayai bunga atas kredit atau pinjaman ke luar negeri.

Demikian pembahasan lengkap tentang devisa yang meliputi pengertian devisa, macam-macam jenis devisa, macam-macam sumber devisa negara, dan fungsi devisa.

0 Response to "Definisi atau Pengertian Devisa, Fungsi dan Sumber Devisa Negara serta Macam-macam Jenis Devisa"

Post a Comment