Dampak Positif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia

Berikut ini merupakan pembahasan tentang dampak perdagangan internasional yang meliputi dampak positif perdagangan internasional, dampak perdagangan bebas atau dampak positif perdagangan bebas, dampak pasar bebas, pasar bebas ASEAN 2015, untung rugi perdagangan bebas, pengaruh perdagangan internasional, dampak positif kerjasama ekonomi internasional.

Perdagangan Internasional

Perkembangan ekonomi dunia yang begitu pesat telah meningkatkan kadar hubungan saling ketergantungan dan mempertajam persaingan yang menambah semakin rumitnya strategi pembangunan yang mengandalkan ekspor.

Namun, di lain pihak juga menjadi tantangan dan kendala, serta membuka peluang baru yang dapat dimanfaatkan demi keberhasilan pelaksanaan pembangunan.

Jadi, hubungan antara negara yang satu dengan negara lain dalam bentuk perdagangan sangat penting, terutama bagi negara-negara yang sedang berkembang.

Dengan melakukan perdagangan internasional, maka dapat mempercepat dan mendorong pembangunan negara-negara tersebut.

Dampak Positif Perdagangan Internasional

Berikut ini adalah beberapa dampak positif yang ditimbulkan oleh perdagangan internasional.

a. Memenuhi Kebutuhan Barang dan Jasa yang Tidak ada atau Belum Dapat Diproduksi di Dalam Negersi

Mengapa berbagai negara melakukan perdagangan internasional? Alasan yang paling nyata adalah karena setiap negara tidak dapat menghasilkan sendiri semua barang yang dibutuhkan.

Contohnya, negara-negara maju yang memerlukan karet alam yang tidak dapat dihasilkan di negara-negara mereka sendiri, terpaksa harus mengimpor karet alam dari negara penghasil karet, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Sebaliknya, negara-negara yang belum dapat menghasilkan sendiri barangbarang, seperti pesawat terbang, kapal tanker, dan mesin-mesin industri, harus mengimpor barang-barang tersebut dari negara-negara maju.

b. Mengenal Teknik Produksi dan Manajemen yang Lebih Baik

Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi dan cara-cara memimpin perusahaan yang lebih modern.

Dengan demikian, produktivitas dan produksi yang masih sangat rendah dan terbatas dapat ditingkatkan. Keuntungan ini terutama dapat dinikmati oleh negara-negara berkembang.

c. Setiap Negara Dapat Melakukan Spesialisasi Produksi

Meskipun dapat menghasilkan barang sendiri, terkadang ada negara yang lebih memilih untuk mengimpor barang tersebut dari negara lain.

Hal ini dilakukan agar negara tersebut bisa memproduksi barang lain yang menguntungkan dan dapat dijual ke luar negeri. Dengan cara ini negara tersebut dapat menggunakan faktor-faktor produksi yang dimilikinya secara lebih efisien.

d. Mengenal Teknologi yang Lebih Modern

Dengan melakukan perdagangan luar negeri, memungkinkan banyak negara berkembang mengimpor mesin-mesin atau alat-alat yang lebih modern. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan teknik produksi dan cara produksi yang lebih baik.
Dampak Positif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian IndonesiaDampak Positif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia
Dampak Positif Perdagangan Internasional

e. Memperluas Lapangan Kerja

Dengan pengenalan teknik produksi dan manajemen yang lebih modern, akan membuka peluang bagi tenaga-tenaga kerja baru, sehingga lapangan kerja dapat diperluas.

f. Mempererat Persahabatan Antarnegara

Adanya perdagangan internasional dapat menumbuhkan rasa saling membutuhkan antarnegara yang melakukan perdagangan, sehingga dapat mempererat tali persahabatan di antara mereka.

g. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Dalam perdagangan internasional, suatu negara akan memperoleh tambahan devisa yang dapat menambah pendapatan nasional suatu negara. Pendapatan nasional akan mendorong pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

0 Response to "Dampak Positif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia"

Post a Comment