Dampak Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia

Berikut ini merupakan pembahasan tentang dampak perdagangan Internasiona yang melipuuti dampak negatif perdagangan internasional, dampak negatif perdagangan bebas, untung rugi perdagangan bebas, dampak negatif pasar bebas, dan dampak globalisasi ekonomi.

Dampak Negatif Perdagangan Internasional

Selain mempunyai dampak positif, perdagangan internasional juga mempunyai dampak negatif bagi perekonomian Indonesia. Berikut ini dampakdampak negatif adanya perdagangan internasional.

a. Naik Turunnya Nilai Valas

Apabila suatu negara lebih banyak membeli barang-barang kebutuhannya dari luar negeri, maka akan menyebabkan negara tersebut kekurangan valas karena harus selalu membayar ke luar negeri. Sehingga lama-lama cadangan valas makin berkembang dan akan menaikkan kurs mata uang asing.
Dampak Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia
Dampak Negatif Perdagangan Internasional

b. Pelarian Modal ke Luar Negeri

Ketidakstabilan perekonomian karena suatu negara lebih banyak mengimpor barang dari luar negeri, mengakibatkan kegairahan untuk menginvestasikan uangnya di dalam negeri menurun.

Selain itu, penurunan nilai mata uang menyebabkan uang yang disimpan di luar negeri memberikan keuntungan yang lebih besar daripada disimpan di dalam negeri.

Pelarian modal ke luar negeri juga didorong oleh keinginan untuk mempertahankan nilai riil dari kekayaan yang dimiliki, sehingga pemilik modal yang berasal dari luar negeri enggan menginvestasikan uangnya di negara tersebut. Hal ini mengurangi jumlah investasi yang mungkin dilaksanakan di suatu negara.

c. Defisit dalam Neraca Pembayaran

Negara-negara yang lebih banyak melakukan impor barang untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya akan mengalami defisit dalam neraca pembayaran.

d. Industri Dalam Negeri Gulung Tikar

Perdagangan internasional dapat menimbulkan persaingan antara industri dalam negeri dengan industri luar negeri. Ketidakmampuan industri dalam negeri bersaing dengan industri luar negeri akan menyebabkan industri dalam negeri gulung tikar.

e. Masyarakat Menjadi Lebih Konsumtif

Barang-barang impor yang membanjiri pasar dalam negeri akan mendorong keingintahuan masyarakat untuk membelinya. Jika ini terjadi, maka masyarakat akan cenderung menjadi konsumtif.

0 Response to "Dampak Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia"

Post a Comment