Sejarah Uang di Dunia dan di Indonesia Edisi Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan tentang sejarah uang di dunia atau sejarah lahirnya mata uang di dunia, sejarah uang kertas dan sejarah uang logam, sejak kapan manusia melakukan sistem barter, definisi barter dan pengertian barter, kesulitan sistem barter, barter barang dengan barang, dan pertukaran uang dengan barang, serta uang dengan uang.

Dalam perekonomian yang semakin modern, uang memainkan peranan yang sangat penting bagi semua kegiatan masyarakat. Uang sudah merupakan suatu kebutuhan, bahkan uang menjadi salah satu penentu stabilitas dan kemajuan perekonomian di suatu negara.

Apabila ditelusuri tentang sejarah uang, secara terinci berawal dari kegiatan tukar menukar barang yang terjadi pada masa purba, kemudian tukar menukar dengan perantara uang barang dan akhirnya uang digunakan sebagai alat tukar menukar seperti sekarang ini.

Untuk memenuhi kebutuhan uang, pemerintah menciptakan uang melalui bank sentral. Terkait dengan masalah uang, maka peran lembaga keuangan (terutama bank) sangatlah besar.

Sejak berabad-abad yang lalu, masyarakat telah menyadari bahwa uang sangat penting peranannya dalam kegiatan perekonomian. Tanpa uang, kegiatan perekonomian menjadi sangat terbatas.

Keadaan seperti ini akan membatasi perkembangan ekonomi yang akan dicapai. Semakin maju suatu negara, semakin penting peran uang dalam menggalakkan perekonomian.

Sejarah Terjadinya Uang di Dunia

Pada zaman primitif, manusia melakukan perdagangan dengan sistem barter, sebab saat itu mereka belum mengenal uang. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka mencarinya di alam dan mengambil sumber daya alam yang langsung dapat digunakan.

Contohnya, berburu dan mencari buah-buahan jika lapar, membuat pakaian dari kulit pohon, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan mereka belum mengenal teknologi untuk mengolahnya. Aktivitasnya hanya sebatas mempertahankan hidup dan mencari sumber makanan baru.

Barang-barang kebutuhan hidup yang tidak dapat dihasilkan sendiri, diperoleh dengan cara melakukan tukar-menukar barang yang disebut barter. Misalnya, menukarkan hasil buruan dengan umbi-umbian atau padi, ikan hasil tangkapan ditukar dengan buahbuahan, dan sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya, semakin lama kebutuhan hidup manusia ternyata semakin banyak dan kegiatan barter menemui banyak kesulitan sehingga pada akhirnya barter ditinggalkan.

Kesulitan Sistem Barter

Berikut ini hal-hal yang menyebabkan barter mulai ditinggalkan.

a. Sulit menentukan nilai tukar barang.

b. Sulit menyesuaikan keinginan dari kedua belah pihak.

c. Sulit menyesuaikan jumlah barang yang dibutuhkan dengan barang yang tersedia.

d. Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan barang yang diinginkan terkadang lama, sehingga sulit menentukan kapan barang akan diperoleh.

Beberapa kesulitan yang timbul dalam pelaksanaan barter tersebut menyebabkan manusia mulai mencari barang-barang tertentu dan menetapkan fungsinya sebagai uang. Barang itu pun akhirnya digunakan sebagai alat tukar yang disebut uang barang. 
Benda-benda yang pernah dijadikan uang barang adalah kulit kerang, mutiara, bulu unggas, gading, garam, tembakau, dan tembaga.
Sejarah Uang di Dunia Edisi Lengkap
Gambar: Macam-macam Contoh Uang Barang

Kesulitan sistem Uang Barang

Meskipun alat tukar berupa uang barang sudah ada, namun kesulitan-kesulitan masih tetap ada. Kesulitan-kesulitan itu antara lain karena barang-barang yang dijadikan uang barang sebagai alat tukar belum mempunyai pecahan, sehingga penentuan nilai uang, penyimpangan, dan pengangkutan menjadi sulit dilakukan. Selain itu, barang-barang tersebut tidak tahan lama bahkan mudah hancur.

Kesulitan-kesulitan tersebut menyebabkan manusia berusaha mencari alat tukar yang tahan lama, mudah disimpan, mudah dibawa, dan nilainya tetap.

Keunggulan alat Tukar Emas dan Perak

Akhirnya emas dan perak digunakan sebagai alat tukar karena memiliki keunggulan-keunggulan antara lain:

a. logam mulia yang tidak berkarat,

b. mudah dikenali dan diterima masyarakat,

c. tahan lama dan tidak mudah rusak,

d. dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil tanpa mengurangi nilainya.

Sejarah Uang Logam dan Uang Kertas

Hal inilah yang mendasari munculnya mata uang logam. Berikut ini adalah penjelasan tentang tahapan terjadinya uang. Kemajuan ekonomi dunia yang bertambah pesat menyebabkan kegiatan perdagangan juga bertambah pesat.
Sejarah Uang di Dunia Edisi Lengkap
Tabel: Tahapan Sejarah Terjadinya Uang

Transaksi-transaksi yang dilakukan menjadi sering terjadi. Hal ini menyebabkan penggunaan uang logam sulit dilakukan untuk transaksi dalam jumlah besar. Di sisi lain, bahan pembuat uang logam terbatas, karena jumlah emas dan perak semakin langka.

Akibatnya, semakin lama banyak negara yang mengganti uang logam dengan uang kertas sebagai alat tukar-menukar. Dari sinilah sejarah uang kertas muncul.

Kegiatan tukar-menukar dengan menggunakan uang kertas mempunyai banyak keuntungan antara lain biaya yang digunakan untuk membuat uang kertas lebih murah dan uang kertas lebih ringan dibawa dan disimpan daripada uang logam.

Seperti yang telah diuraikan di atas, kegiatan tukar-menukar akan jauh lebih mudah dijalankan dengan adanya uang, jika dibandingkan dengan kegiatan perdagangan secara barter. Dengan demikian, apa sebenarnya yang dimaksud dengan uang?

Baca Selengkapnya: Pengertian Uang Menurut Para Ahli

0 Response to "Sejarah Uang di Dunia dan di Indonesia Edisi Lengkap"

Post a Comment