Pengertian Conformity dan Deviation dalam Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat

Pada dasarnya masyarakat dalam menghadapi perubahan tersebut dapat bersikap conformity (proses menyesuaikan diri) bila ada kecocokan, tetapi dapat juga bersikap deviation (penyimpangan).

Pengertian Conformity

Conformity adalah proses menyesuaikan diri anggota masyarakat dengan cara mengindahkan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Sikap ini diambil karena terdapat kecocokan pada perubahan sosial budaya yang telah terjadi. Masyarakat tradisional cenderung menyesuaikan diri dengan yang ada supaya di dalam masyarakat tercipta keseimbangan sosial (equilibrium).

Tetapi mereka cenderung bersifat konservatif (kolot) terhadap hal-hal yang baru atau kebudayaan baru karena tidak mudah mengganti yang sudah ada dengan sesuatu yang baru.

Definisi conformity adalah bentuk interaksi yang di dalamnya seseorang berperilaku terhadap orang lain sesuai dengan harapan kelompok (Shcpard).

Cara adaptasi indvidu yang mana perilaku mengikuti tujuan yang ditentukan masyarakat, dan mengikuti cara yang ditentukan untuk mencapai tujuan (Merton).

Pengertian Deviation

Deviation adalah sikap penyimpangan yang dilakukan oleh anggota masyarakat karena adanya ketidaksesuaian sosial. 

Ketidaksesuaian sosial terjadi karena hal yang lama atau yang sudah ada tidak lagi cocok dengan perkembangan zaman. Para remaja banyak yang bersikap menyimpang (deviation) sebagai tanggapan bahwa keadaan yang ada tidak cocok lagi dengan keadaan zaman sekarang.
Pengertian Conformity dan Deviation dalam Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat
Gambar: Contoh Bentuk Penyimpangan

Tindakan yang dilakukan yaitu dengan menentang nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku serta berusaha lari dari permasalahan dengan pesta narkoba, mabuk-mabukan, dan perilaku-perilaku menyimpang lainnya.

Sebenarnya perilaku manusia dalam menyikapi perubahan sosial dan budaya sangat beraneka ragam, tergantung dari persepsi anggota masyarakat terhadap dampak yang akan ditimbulkannya.

Untuk lebih mudah memahami tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan dapat diambil contoh lahirnya “Gerakan Reformasi” di Indonesia.

0 Response to "Pengertian Conformity dan Deviation dalam Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat"

Post a Comment