Hubungan Antara Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan

Setelah kita mengetahui tentang pengertian perubahan sosial, bentuk bentuk perubahan sosial, unsur-unsur kebudayaan dan pengertian kebudayaan menurut para ahli, maka pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara singkat tentang hubungan antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan.

Perubahan sosial dan perubahan kebudayaan mempunyai hubungan yang sangat erat. Pembahasan mengenai perubahan sosial tidak dapat dilepaskan dari pengertian perubahan kebudayaan. Karena pada kenyataannya keduanya tidak dapat dipisahkan dan selamanya merupakan dwi tunggal.

Tidak ada masyarakat yang tidak mempunyai kebudayaan dan sebaliknya tidak ada kebudayaan tanpa masyarakat sebagai wadah dan pendukungnya. Walaupun secara teoritis keduanya dapat dipisahkan.

Karena perubahan sosial berhubungan dengan perubahan kebudayaan, maka apabila terjadi perubahan pada unsur-unsur kebudayaan yang fundamental akan diikuti oleh perubahan-perubahan sosial.

Misalnya penggunaan teknologi baru dan alat-alat modern di bidang pertanian akan mengubah sistem sosial di masyarakat antara lain sistem nilai, sistem upah, gotong royong, dan pelapisan sosial.
Hubungan Antara Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan
Gambar: Hubungan Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan

Meskipun demikian tidak semua perubahan unsur kebudayaan selalu diikuti oleh perubahan sosial. Misalnya perubahan mode pakaian dan model potongan rambut tidak berpengaruh pada kehidupan sosial di masyarakat.

0 Response to "Hubungan Antara Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan"

Post a Comment