Faktor Pendorong Terjadinya Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat

Berikut ini merupakan pembahasan tentang fakor-faktor pendorong terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat, faktor pendorong perubahan sosial, faktor pendorong perubahan sosial budaya, faktor pendorong terjadinya hubungan sosial, faktor pendorong perubahan sosial budaya.

Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya


a. Kontak dengan Kebudayaan Lain

Kontak dengan kebudayaan antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain melalui proses difusi kebudayaan.

Difusi kebudayaan dapat mendorong terjadinya perubahan sosial budaya karena dengan difusi suatu penemuan baru akan disebarkan dan diteruskan kepada masyarakat luas.

b. Sistem Pendidikan Formal yang Maju

Sistem pendidikan formal mengajarkan bermacam-macam kemampuan kepada seseorang. Salah satu kemampuan tersebut adalah dapat berpikir secara ilmiah, rasional, dan objektif.

Dengan kemampuan tersebut seseorang akan dapat menilai baik buruknya suatu kebudayaan serta manfaatnya bagi kehidupan.

c. Sistem Terbuka Lapisan Masyarakat (Open Stratification)

Masyarakat dengan sistem lapisan yang terbuka cenderung lebih mudah mengalami perubahan daripada masyarakat dengan sistem lapisan tertutup.

Sistem lapisan masyarakat yang terbuka memungkinkan memberi gerak sosial vertikal yang lebih luas sehingga memberi kesempatan kepada seseorang untuk maju atas dasar kemampuan sendiri.

d. Penduduk yang Heterogen

Penduduk yang heterogen adalah penduduk yang terdiri atas kelompok-kelompok sosial, ras, budaya, dan ideologi yang berbeda. Perbedaan-perbedaan tersebut akan mempermudah terjadinya konflik yang mendorong terjadinya perubahan.

e. Orientasi ke Masa Depan

Masyarakat yang mempunyai orientasi ke masa depan akan merencanakan dan mempersiapkan kehidupannya dengan baik. Hal ini akan mendorong terjadinya perubahan sosial budaya.
Faktor Pendorong Terjadinya Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat
Gambar: Sikap Menghargai Hasil Karya Orang Lain

f. Sikap Menghargai Hasil Karya Seseorang dan Keinginan untuk Maju

Masyarakat yang menghargai hasil karya orang lain akan mendorong anggotanya giat mengadakan penelitian-penelitian untuk menciptakan penemuan-penemuan baru.

Hadiah Nobel merupakan satu contoh penghargaan kepada seseorang yang telah menciptakan suatu karya yang bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia.

0 Response to "Faktor Pendorong Terjadinya Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat"

Post a Comment