Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pembahasan tentang definisi uang, pengertian uang menurut para ahli, pengertian uang giral, pengertian uang kartal, pengertian uang logam, pengertian uang kertas, pengertian uang barang, contoh uang kartal dan uang giral.

Setelah mengetahui dan memahami sejarah perkembangan uang mulai dari penerapan sistem barter, penggunaan sistem uang barang sampai pemakaian uang logam dan pada akhirnya pemakaian uang kertas bahkan uang giral.

Negara-negara pertama di dunia yang sudah mengenal mata uang dengan standar resmi dan memiliki satuan tertentu sebelum abad Masehi adalah Mesir, Yunani, Cina, dan beberapa negara Asia Tengah.

Maka, pada pembahasan kali ini kita akan menjawab sebuah pertanyaan: Apa sebenarnya yang dimaksud dengan uang?
Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli
Gambar: Ilustrasi Apa itu Uang?

Pengertian uang menurut para Ahli

Berikut ini adalah pengertian uang menurut pendapat beberapa ahli.

a. Menurut D.H. Robetson dalam bukunya yang berjudul Money, ia mengatakan bahwa uang adalah sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang.

b. Menurut A.C. Pigau dalam bukunya yang berjudul The Veil of Money, yang dimaksud uang adalah segala sesuatu yang digunakan sebagai alat tukar.

c. Menurut Albert, G. Hart, uang adalah kekayaan yang dapat digunakan oleh pemiliknya untuk melunasi utang dalam jumlah tertentu dan pada waktu itu juga.

Kesimpulan:

Dari definisi-definisi uang di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian uang adalah segala sesuatu yang dapat diterima secara umum sebagai alat tukar, alat pembayaran utang, alat mengukur nilai, dan alat untuk menimbun kekayaan.
Dengan kata lain, uang merupakan alat yang dapat digunakan untuk melakukan pertukaran, baik barang maupun jasa dalam suatu wilayah tertentu.

Dengan adanya uang, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh oleh manusia, baik sebagai pihak penerima uang maupun pembayar, yaitu:

a. Mempermudah seseorang untuk memperoleh dan memilih barang dan jasa yang diinginkan secara cepat,

b. mempermudah dalam menentukan nilai (harga) dari barang dan jasa,

c. memperlancar proses perdagangan secara luas.

Demikian pembahasan tentang definisi dan pengertian uang menurut para Ahli dilengkapi dengan manfaat uang badi masyarakat dan kegiatan ekonominya.

0 Response to "Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli"

Post a Comment