Definisi dan Pengertian Budaya (Kebudayaan) Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pembahasan tentang Budaya yang meliputi pengertian budaya, pengertian kebudayaan, pengertian budaya organisasi, pengertian seni budaya, pengertian sosial budaya, pengertian budaya atau kebudayaan menurut para ahli, pengertian budaya politik parokial, pengertian budaya politik secara umum, pengertian kultural, dan pengertian budaya demokrasi.

Pengertian Kebudayaan

Kata kebudayaan atau budaya sering muncul dalam kehidupan sehari-hari baik diucapkan secara lisan maupun lewat media cetak dan media elektronik. Banyak orang atau warga masyarakat yang melihat, membuat, menggunakan bahkan merusak kebudayaan.

Sebenarnya apakah kebudayaan itu? 

Kata “kebudayaan” berasal dari bahasa Sanskerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal. Sehingga kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang berhubungan dengan budi atau akal.

Berikut ini Pengertian kebudayaan menurut beberapa ahli.

a. E.B. Taylor

Kebudayaan adalah suatu keseluruhan kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adat istiadat, kemampuan-kemampuan, serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

b. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

c. Lintoon

Kebudayaan adalah keseluruhan dari pengetahuan, sikap, dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

d. Kroeber

Kebudayaan adalah keseluruhan relasi gerak, kebiasaan, tata cara, gagasan, dan nilai-nilai yang dipelajari dan diwariskan dan perilaku yang ditinggalkannya.

e. Koentjaraningrat

Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia di dalam kehidupan bermasyarakat yang dijadikan miliknya dengan cara belajar.
Definisi dan Pengertian Budaya (Kebudayaan) Menurut Para Ahli
Gambar: Kerjabakti di Kampung sebagai Bentuk Kebudayaan yang Turun-temurun

Kesimpulan:

Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah sistem gagasan atau ide-ide dalam bentuk kebiasaan, adat istiadat, sistem nilai, norma, serta aturan-aturan.

1 Response to "Definisi dan Pengertian Budaya (Kebudayaan) Menurut Para Ahli"