Pengertian Perubahan Sosial Masyarakat Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya

Pada pembahasan kalini ini akan dibahas tentang pengertian perubahan sosial masyarakat, perubahan sosial, perubahan sosial budaya, contoh perubahan sosial, dampak perubahan sosial, proses perubahan sosial, bentuk perubahan sosial, materi perubahan sosial, interaksi sosial, karakteristik perubahan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial 

Sebagai makhluk sosial manusia selalu berinteraksi dengan manusia lain. Hal inilah yang menimbulkan adanya dinamika kehidupan. Dalam berbagai hal terdapat keadaan yang menunjukkan situasi perbedaan antara situasi pada waktu tertentu dengan waktu sesudahnya.

Pengertian Perubahan Sosial Masyarakat
Perubahan Sosial Masyarakat

Setiap kehidupan masyarakat, atau manusia senantiasa mengalami perubahan. Perubahan-perubahan pada kehidupan masyarakat tersebut merupakan fenomena sosial yang wajar, oleh karena setiap manusia mempunyai kepentingan yang tak terbatas.

Perubahan-perubahan akan tampak setelah tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang lama dapat dibandingkan dengan tatanan dan kehidupan masyarakat yang baru.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Setiap manusia dalam hidup bermasyarakat akan mengalami perubahan. Perubahan dapat terjadi pada berbagai sendi kehidupan di masyarakat, salah satunya adalah perubahan di bidang sosial.  Perubahan sosial tidak selalu berarti kemajuan tapi juga dapat berupa kemunduran.

Berikut ini beberapa pengertian perubahan sosial menurut beberapa ahli sosiologi dan antropologi.

a. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Mereka berpendapat bahwa perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk di antaranya kelompok-kelompok dalam masyarakat.

b. Mac Iver

Mac Iver mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.

c. Samuel Koenig

Samuel Koenig mengatakan bahwa perubahan-perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola kehidupan manusia.

d. Roucek dan Warren

Mereka mengatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat.

Kesimpulan:

Dari definisi beberapa ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan unsur-unsur sosial dalam masyarakat sehingga terbentuk tata kehidupan sosial yang baru dalam masyarakat.

Perubahan dalam masyarakat dapat meliputi nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, pola-pola perikelakuan, organisasi, lapisan-lapisan dalam masyarakat, lembaga kemasyarakatan, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Perubahan Sosial

Proses-proses pada perubahan sosial dapat diketahui dari adanya ciri-ciri berikut ini.

1. Tidak ada masyarakat yang berhenti perkembangannya, karena setiap masyarakat mengalami perubahan baik secara lambat maupun cepat.

2. Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan itu akan diikuti dengan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya.

3. Perubahan sosial yang berlangsung secara cepat akan mengakibatkan disorganisasi yang bersifat sementara karena berada dalam proses penyesuaian diri.

4. Perubahan-perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau bidang struktural saja, karena kedua bidang tersebut mempunyai hubungan timbal balik yang sangat kuat.

0 Response to "Pengertian Perubahan Sosial Masyarakat Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya"

Post a Comment