Latar Belakang dan Tujuan Terjadinya Agresi Militer Belanda 1 serta Sejarahnya

Pembahasan kali ini akan membahas: Latar belakang agresi militer belanda 1,latar belakang terjadinya agresi militer belanda 1, tujuan agresi militer belanda 1, agresi militer belanda 1, sejarah agresi militer belanda 1, agresi militer belanda, agresi militer, latar belakang agresi militer belanda 2, agresi militer belanda 1 terjadi pada tanggal.

Latar Belakang Agresi Militer Belanda 1

Perbedaan penafsiran mengenai beberapa pasal persetujuan dalam perundingan Linggar Jati hal ini menjadi pangkal perselisihan. Pihak Belanda tidak dapat menahan diri dan melanjutkan agresinya dengan aksi militer pada tanggal 21 Juli 1947.

Aksi militer yang dilakukan Belanda ini dinamakan Agresi Militer Belanda I. Agresi Militer Belanda I yang direncanakan oleh van Mook diawali karena adanya perbedaan penafsiran terhadap isi Persetujuan Linggarjati.

Dalam hal ini, Belanda mendasarkan penafsirannya pada pidato Ratu Wihelmina tanggal 7 Desember 1942 bahwa Indonesia akan dijadikan anggota Commonwealth dan akan berbentuk federasi, sedangkan hubungan luar negerinya diatur oleh Belanda.

Latar Belakang Agresi Militer Belanda 1,Tujuan Agresi Militer Belanda 1
Agresi Militer Belanda I

Dalam Agresi Militer I tanggal 21 Juli 1947, Belanda berhasil menguasai Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah sebelah Utara, sebagian Jawa Timur, Madura, dan sebagian Sumatra Timur. Di daerah-daerah tersebut, Belanda mulai mendirikan negara-negara bagian. Berikut ini adalah tujuan Agresi Militer Belanda I

Tujuan Agresi Militer Belanda I

a. Tujuan politik, yaitu mengepung ibu kota RI dan menghapuskan kedaulatan RI.

b. Tujuan ekonomi, yaitu merebut pusat-pusat penghasil makanan dan bahan ekspor.

c. Tujuan militer, yaitu menghancurkan TNI. Untuk menghadapi Agresi Militer Belanda I, pasukan TNI melancarkan taktik gerilya.

Dengan taktik gerilya, ruang gerak pasukan Belanda berhasil dibatasi. Gerakan pasukan Belanda hanya berada di kota-kota besar dan jalanjalan raya, sedangkan di luar kota kekuasaan berada di tangan pasukan TNI.


0 Response to "Latar Belakang dan Tujuan Terjadinya Agresi Militer Belanda 1 serta Sejarahnya "

Post a Comment