Pengertian Perubahan Budaya dan Tujuh (7) Unsur-Unsur Kebudayaan Universal

Pada Pembahasan kali ini akan jelaskan tentang pengertian perubahan budaya,pengertian perubahan sosial budaya, interaksi sosial, contoh perubahan budaya, pengertian perubahan kebudayaan, contoh perubahan kebudayaan, proses menurut para ahli  unsur-unsur kebudayaan, 7 unsur kebudayaan.

Pengertian Perubahan Budaya

Budaya adalah adalah sistem gagasan atau ide-ide dalam bentuk kebiasaan, adat istiadat, sistem nilai, norma, serta aturan-aturan.

Adapun perubahan budaya adalah perubahan unsur-unsur kebudayaan karena perubahan pola pikir masyarakat sebagai pendukung kebudayaan.
Pengertian Perubahan Budaya dan  Tujuh (7) Unsur-Unsur Kebudayaan Universal
Pengertian Perubahan Budaya dan  Tujuh (7) Unsur-Unsur Kebudayaan Universal

Kebudayaan yang dimiliki oleh suatu bangsa atau masyarakat terdiri atas beberapa unsur. Seorang antropolog yang bernama C. Kluckhohn mengemukakan ada tujuh unsur kebudayaan yang dimiliki bangsa atau masyarakat di dunia ini.

Ketujuh unsur kebudayaan tersebut diberi nama “cultural universals” artinya unsur kebudayaan tersebut dijumpai pada setiap kebudayaan di mana pun di dunia ini.

Unsur-unsur Kebudayaan Universal

Tujuh unsur kebudayaan tersebut meliputi hal-hal berikut ini.

1. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, senjata, alat-alat produksi, transportasi, dan sebagainya).

2. Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi, dan sebagainya).

3. Sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, sistem perkawinan).

4. Bahasa (lisan maupun tertulis).

5. Kesenian (seni rupa, seni gerak, dan sebagainya).

6. Sistem pengetahuan.

7. Religi (sistem kepercayaan).

Pendukung kebudayaan adalah manusia. Sebagai makhluk sosial manusia selalu berinteraksi dengan manusia lain di masyarakat, hal ini akan menyebabkan kebudayaan pun berubah.

Sehingga di masyarakat selain dikenal adanya dinamika kehidupan ada pula dinamika kebudayaan, artinya berubahnya kehidupan manusia akan menyebabkan berubahnya kebudayaan.

Berubahnya kebudayaan mengakibatkan unsur-unsur kebudayaan yang ada di masyarakat pun mengalami perubahan.

Ketidaksesuaian unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga terjadi ketidakserasian fungsi bagi kehidupan di masyarakat disebut perubahan kebudayaan.

Perubahan yang dialami masyarakat dapat berupa perubahan menuju ke arah kemajuan (progressif) dan perubahan kemunduran (regressif). Perubahan maju mengarah menjadi lebih baik, lebih sempurna, dan lebih berdaya guna.

Sedangkan perubahan mundur mengarah menjadi lebih jelek dan menjadi kurang efisien. Perubahan kebudayaan tampak lebih jelas pada masyarakat maju yang bersifat dinamis, sedang pada masyarakat primitif tidak begitu kelihatan karena sifatnya yang mengisolasi diri, konservatif, dan statis.

Bentuk-Bentuk Perubahan Kebudayaan

Bentuk-bentuk perubahan kebudayaan terdiri atas beberapa macam. Berikut ini bentuk-bentuk perubahan kebudayaan.

a. Difusi Kebudayaan

Difusi kebudayaan adalah proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu orang ke orang lain atau dari masyarakat satu ke masyarakat lain.

b. Akulturasi Kebudayaan 

Akulturasi kebudayaan adalah proses penerimaan unsur-unsur kebudayaan asing oleh kebudayaan asli yang kemudian diseleksi dan disesuaikan dengan kebudayaan setempat.

Akulturasi terjadi apabila ada kebudayaan dari bangsa yang berbeda saling memengaruhi sehingga terbentuk suatu kebudayaan baru.

Contoh: bentuk rumah joglo (Jawa Tengah) merupakan bentuk rumah Jawa dipengaruhi oleh unsur-unsur kebudayaan dari luar yang sudah disesuaikan.

c. Asimilasi Kebudayaan

Asimilasi kebudayaan adalah proses percampuran dua kebudayaan atau lebih sehingga menghasilkan kebudayaan yang baru. Contoh: percampuran antara kebudayaan Yunani dengan kebudayaan Asia Kecil menghasilkan kebudayaan Hellenis.

d. Inovasi

Inovasi adalah suatu proses pembaruan dari penggunaan sumber daya alam, energi, modal, pengaturan tenaga kerja dan penggunaan teknologi yang menyebabkan adanya sistem produksi dan produk-produk baru.

Inovasi berkaitan dengan pembaruan kebudayaan khususnya unsur teknologi dan ekonomi. Adanya inovasi pada berbagai bidang termasuk sosial dan budaya akan memberi pengaruh yang luas pada berbagai kehidupan di masyarakat.

Pengaruh tersebut tampak pada adanya perubahan perilaku sosial, adat istiadat, dan pergeseran niali-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Contoh penemuan handphone telah mengubah pola dan cara berkomunikasi masyarakat. Dengan adanya HP komunikasi tidak harus dilakukan dengan tatap muka tapi dapat dilaksanakan dengan secara tidak langsung. Penemuan HP telah mengubah cara orang dalam berkomunikasi.

0 Response to "Pengertian Perubahan Budaya dan Tujuh (7) Unsur-Unsur Kebudayaan Universal"

Post a Comment