Latar Belakang Sejarah Peristiwa Perang Bandung Lautan Api

Pada pembahasan kali ini akan membahas peristiwa bandung lautan api, sejarah bandung lautan api, monumen bandung lautan api, tokoh bandung lautan api, lagu bandung lautan api, lagu bandung lautan api, cerita bandung lautan api, perang bandung lautan api, pahlawan bandung lautan api, latar belakang bandung lautan api, bandung lautan api ppt, lirik lagu bandung lautan api, penyebab bandung lautan api, kronologi bandung lautan api, latar belakang peristiwa bandung lautan api, tragedi bandung lautan api, sejarah singkat bandung lautan api, kisah bandung lautan api, pemimpin bandung lautan api, naskah drama bandung lautan api, sejarah peristiwa bandung lautan api, sejarah monumen bandung lautan tokoh tokoh bandung lautan api, artikel bandung lautan api, pengertian bandung lautan api.


Bandung Lautan Api

Pasukan Sekutu (AFNEI) mulai memasuki kota Bandung sejak bulan Oktober 1945. Tentara Sekutu menginginkan supaya senjata-senjata yang diperoleh dari hasil pelucutan tentara Jepang dan berada di tangan para pemuda diserahkan kepada Sekutu.

Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api


Yaitu pembakaran besar besaran kota bandung untuk mencegah tentara sekutu dan tentara  belanda masuk ke dalam kota yang tujuan mereka menjadikan kota sebagai tempat markas militer.

Latar Belakang Sejarah Peristiwa Perang Bandung Lautan Api
Peristiwa Bandung Lautan Api


Pembakaran kota dilselesaikan hanya dalam tujuh jam kemudian para penduduk meninggalkan rumah-rumah mereka menuju pegunungan di daerah selatan bandung.

Latar belakang Bandung Lautan Api


Pasuksan sekutu inggris dari brigade macdonald menuntut kepada pemerintah indonesia agar seluruh senjata api peninggalan jepang yang dimiliki oleh penduduk kecuali TKR dan Polisi supaya diserahkan kepada mereka.

Tuntutan Pasukan Sekutu dalam Ultimatum

a. Ultimatum Pertama

Ultimatum pertama dikeluarkan pada tanggal 21 November 1945, berisi pasukan Sekutu menginginkan agar TKR dan semua pejuang Indonesia di Bandung segera meninggalkan Bandung bagian Utara selambat-lambatnya tanggal 29 November 1945.

Dengan alasan untuk menjaga keamanan di wilayah tersebut. Tetapi ultimatum ini tidak dihiraukan oleh para pejuang RI, sehingga saat itu sering terjadi insiden dengan pasukan Sekutu.

b. Ultimatum Kedua

Ultimatum kedua dikeluarkan pada tanggal 23 Maret 1946, berisi pasukan Sekutu menuntut agar para pejuang RI meninggalkan kota Bandung. Pada ultimatum kedua ini, pemerintah RI menghiraukannya.

Para pejuang Indonesia dan seluruh rakyat Bandung mau meninggalkan dan mengosongkan kota Bandung.

Namun, sebelum meninggalkan kota Bandung, pejuang-pejuang RI melancarkan serangan umum ke arah kedudukan Sekutu dan membumihanguskan Bandung bagian Selatan dengan tujuan agar Bandung tidak diduduki oleh Sekutu.

Peristiwa pembumihangusan kota Bandung inilah yang dinamakan Bandung Lautan Api dan diabadikan oleh Ismail Marzuki menjadi sebuah lagu yang berjudul “Halo-Halo Bandung”.

0 Response to "Latar Belakang Sejarah Peristiwa Perang Bandung Lautan Api "

Post a Comment