Tahap-tahap perkembangan Negara Menurut W. W. Rostow

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang tahapan perkembangan negara dan pertumbuhan ekonomi menurut Rostow, teorai pembangunan ekonomi menurut para ahli, proses pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia, yang dalam hal ini sering disebut sebagai teori Rostow.

Klasifikasi Negara Maju dan Berkembang

Tingkatan-tingkatan kehidupan sosial ekonomi setiap negara berbedabeda. Perbedaan yang paling menonjol adalah tingkat ekonomi dan kemakmuran suatu negara. 

Dari sini timbul klasifikasi-klasifikasi negara dan muncul istilah-istilah seperti negara maju yang sering disebut dengan Negara Utara dan istilah negara berkembang yang disebut juga Negara Selatan.

Klasifikasi berbagai istilah itu dilakukan untuk membedakan antara negara berkembang dan negara maju berdasarkan indikator-indikator pembangunan yang dimiliki setiap negara. Apakah kalian sudah bisa mengartikan negara maju dan negara berkembang?

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa negara berkembang adalah negara yang sedang membangun atau sedang berkembang menuju kemajuan. Negara yang tergolong dalam kriteria tersebut antara lain India, Indonesia, Filipina, Mesir, Aljazair, dan sebagainya.

Adapun negara maju adalah negara yang sudah mencapai tahap kemajuan teknologi yang tinggi. Negara yang termasuk dalam kategori negara maju antara lain Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Singapura, Jerman, Prancis, dan sebagainya.

Pembahasan materi berikut ini akan mampu memacu dan membangkitkan semangat kalian untuk meningkatkan kualitas diri agar tidak tertinggal dengan yang lain.

Tahapan perkembangan negara menurut Rostow

Tahap-tahap perkembangan Negara Menurut W. W. Rostow
W.W.Rostow
Kemajuan suatu bangsa tidak mungkin dicapai secara tiba-tiba. Kemajuan itu dicapai melalui tahapan-tahapan yang cukup panjang. Negara satu dengan negara lainnya memiliki percepatan pertumbuhan yang berbeda-beda.

Ada negara tertentu yang walaupun usianya cukup tua tetapi masih menunjukkan ciri-ciri negara miskin. Tetapi di sisi lain ada negara tertentu yang usianya relatif muda tetapi telah menunjukkan ciri-ciri negara maju.

Berikut ini tahapan-tahapan perkembangan suatu negara menurut Walt Whitman Rostow.

1. Tahap Masyarakat Tradisional (Traditional Society Stage)

Masyarakat tradisional merupakan masyarakat yang masih belum produktif, relatif primitif, dan masih dipengaruhi oleh pikiran-pikiran yang tidak rasional secara turun temurun. Sistem ekonomi belum berorientasi pasar, belum ada aplikasi Iptek, dan jumlah produksinya terbatas.

Sebagian besar sumber daya penduduknya digunakan untuk sektor pertanian, mobilitas penduduknya rendah, dan hubungan kekeluargaan dan kesukuan masih mendominasi dalam organisasi kemasyarakatan.

2. Tahap Prakondisi Tinggal Landas (Precondition for Take Off Stage)

Pada fase ini masyarakat sedang menuju pada perubahan dalam berbagai bidang. Masyarakat mulai mengubah teknologinya ke arah yang lebih produktif dan efisien.

Budayanya juga lebih produktif, sehingga masyarakat mulai menabungkan pendapatannya di lembaga-lembaga produktif seperti di bank. Dengan terakumulasinya modal di bank, para pengusaha dapat memperluas usahanya, dan perekonomian dapat bergerak ke arah kemajuan.

3. Tahap Lepas Landas (Take Off Stage)

Pada tahap ini berbagai usaha produktif terus berkembang, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang cukup berarti untuk memacu berbagai aspek pembangunan. Terciptanya pembaruan di berbagai sektor ke arah yang lebih produktif dan efisien.

Akumulasi modal terus bertambah, dan industri menjadi sektor yang memimpin dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional terus bertambah diikuti dengan pertumbuhan pendapatan perkapita penduduknya.

4. Tahap Gerak Menuju Kematangan (Drive for Maturity Stage)

Pada tahap ini kegiatan ekonomi suatu negara terus mengalami pertumbuhan secara teratur dan penggunaan teknologi modern semakin meluas. Investasi terus berkembang, sehingga struktur ekonomi terus mengalami perubahan. Industri berkembang ke arah industri hulu yang padat modal.

5. Tahap Konsumsi Tinggi (Age of High Consumption Stage)

Pada tahap ini perkembangan industri lebih mengarah pada produksi yang tahan lama. Sektor jasa berkembang pesat, terutama jasa keahlian. Pendapatan perkapita sangat tinggi sehingga daya beli masyarakat pun sangat tinggi, termasuk untuk pemenuhan kebutuhan sekunder dan tersier.

0 Response to "Tahap-tahap perkembangan Negara Menurut W. W. Rostow"

Post a Comment