Pengertian Penokohan dan Cara penggambaran Watak Tokoh dalam Novel

Pembahasan kali ini merupakan penjelasan singkat tentang pengertian penokohan dan cara menggambarkan watak tokoh dalam novel.

Banyak orang yang menjadi sukses karena dia berhasil menulis cerita dalam bentuk novel. Contohnya J.K. Rowling, sang penulis buku populer Harry Potter dinobatkan sebagai salah seorang wanita terkaya di dunia berkat karya-karyanya tersebut.

Di Indonesia sendiri banyak penulis novel yang berhasil, misalnya Putu Wijaya, Pramoedya, Dewi Lestari, dan lain-lain. Keberhasilan mereka dalam menulis novel harus kalian jadikan pemicu untuk terus semangat dalam berkarya. Sebagai langkah awal, kalian harus banyak membaca karya-karya yang sudah ada.

Pengertian penokohan

Tokoh adalah orang atau sesuatu yang mengalami berbagai kejadian atau peristiwa dalam cerita. Setiap tokoh mempunyai karakter atau sifat-sifat tertentu. 
Pengertian Penokohan dan Cara penggambaran Watak Tokoh dalam Novel
Penokohan Novel

Cara penggambaran watak tokoh

Bagaimana cara menentukan sifat-sifat tokoh cerita? Sebenarnya tidak terlalu sulit, namun kita memerlukan kejelian dalam menemukan sifat-sifat tokoh tersebut.

Sifat-sifat tokoh diungkapkan dalam kata sifat, seperti baik hati, malas, jahat, pandai, rajin, pelit, teliti, dan sebagainya.

Sifat-sifat tersebut dapat diungkapkan langsung oleh penulis (pencerita) atau melalui perkataan tokoh-tokoh lain.

Bila kita tidak menemukan sifat tokoh yang dinyatakan melalui perkataan pencerita atau tokoh-tokoh lain, sifat tokoh dapat juga ditentukan dari tindakan-tindakan tokoh tersebut dalam cerita.


0 Response to "Pengertian Penokohan dan Cara penggambaran Watak Tokoh dalam Novel"

Post a Comment