Pengertian, Macam-macam dan Tahapan Alur dalam Novel serta Contoh Sinopsis Novel

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian alur, macam-macam alur, tahapan alur dan contoh sinopsis novel.

***
Kesehatan adalah anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya. Saat kita sehat, kita dapat melakukan segala aktivitas dengan nyaman dan leluasa. Kita dapat makan enak, tidur nyenyak, bermain-main, berolah raga, dan sebagainya. 

Akan tetapi, saat kita sakit, semua keleluasaan dan kenikmatan itu berkurang. Kita tidak leluasa dan tidak dapat menikmati berbagai kegiatan dengan nyaman.

Oleh karena itulah, waktu sehat harus kita manfaatkan dengan baik. Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan, kita harus menggunakan saat-saat kita sehat untuk melakukan aktivitas positif. Di antaranya adalah belajar.
***

Nah, pada pembelajaran kali ini, kita akan mempelajari alur yang terkandung dalam sebuah novel. Apakah kalian pernah membaca sebuah novel sampai tuntas. Bagus... rajinlah membaca novel untuk menambah pengalaman bersastramu.

Akan tetapi, bila kalian belum pernah mmebaca novel, kalian juga dapat membaca sinopsisnya. Namun, sebelum membaca sinopsis novel, kalian harus mengerti apa yang dimaksud dengan alur.

Pengertian alur

Alur adalah serangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerita. Alur disusun berurutan berdasarkan hubungan sebab akibat. Artinya, sebuah peristiwa mengakibatkan peristiwa lainnya yang terjadi. 

Macam-macam alur

Oleh karena itulah ada istilah alur maju, mundur (sorot balik), dan campuran (maju-mundur).

Tahapan Alur

Secara umum, Biasanya alur disusun mengikuti pola sebagai berikut:
Pengertian, Macam-macam dan Tahapan Alur dalam Novel serta Contoh Sinopsis Novel
Tahapan Alur Novel

1. Pengenalan, yaitu pemunculan tokoh-tokoh cerita.

2. Mulai terjadi konflik atau peristiwa pertentangan

3. Konflik memanas, permasalahan semakin rumit.

4. Puncak konflik, yaitu bagian yang paling seru dari sebuah cerita. Tokoh utama berhasil atau gagal ditentukan pada bagian ini.

5. Penyelesaian, yaitu akhir cerita ketika konflik atau permasalahan terselesaikan.

Pola alur tersebut dapat digambarkan sebagai berikut!

Contoh Sinopsis Novel

Cinta di Serambi
(Karya Masriadi Sambo)

Novel ini bercerita tentang kehidupan seorang remaja putri, Cut Tari, yang hidup sebatang kara. Ayahnya meninggal saat konflik di Aceh. Ibunya menyusul kemudian, karena sakit. Dia dilahirkan dari keluarga muslim, ayahya kelahiran Aceh. 

Namun, akibat konflik, hidup mereka yang berkecukupan, sirna ditelan konflik yang mengganas. Cut Tari, bertekad untuk kuliah di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Dengan uang seadanya, gadis manis dan muslimah ini, terus memacu semangat, agar kuliahnya selesai tepat waktu. Sangat sukar mendapatkan biaya kuliah yang mahal.

Untuk menutupi kebutuhan kuliah, gadis ini, bekerja sebagai pengajar les privat bahasa inggris di rumah Pak Yoga, salah seorang dosennya. Di situ pula dia berkenalan dengan Ampon, putra Pak Yoga, yang baru saja menyelesaikan kuliah di luar negeri. Tepatnya negeri Jiran Malaysia.

Sementara itu, pekerjaan lainnya yang ditekuni adalah bekerja di sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat Puga Nanggroe. Lembaga ini bergerak menangani korban konflik di aceh, pasca perjanjian damai di daerah tersebut. 

Selain itu, dara asal Kutacane Aceh Tenggara ini, juga giat dalam menulis cerpen. Beberapa cerpennya dimuat di harian nasional. Namun, akibat kerja keras, gadis ini menderita sakit SLE. Sindrom yang sangat berbahaya.

Saat-saat menjalankan aktivitasnya mengadvokasi korban konflik dia bertemu dengan Topan Nuggraha, TNI yang bertugas di Aceh. Hatinya galau. Topan menunjukkan keseriusan terhadapnya. Namun, di sisi lain, Ampon, hanya cuek, tanpa memperlihatkan bahwa dia menaruh harapan pada Tari. Seiring perjalanan waktu. Tari terus berjuang melanjutkan kuliah dan melawan sakitnya.

Satu hari, dia ditugaskan untuk mengikuti pelatihan resolusi konflik di Jakarta. Namun sayang, niat baik untuk menjenguk Topan yang telah ditarik ke kesatuannya di Jakarta, berbuah petaka. Topan telah menikah. Topan berterus terang pada istrinya. 

Istrinya shoks dan meninggal dunia, nasib naas juga menimpa Topan, saat mengejar Tari yang hendak pulang ke Aceh. Hati Tari hancur mengetahui Topan telah menikah dan memiliki satu orang putri, sebagai buah pernikahan mereka. Kecelakaan merenggut nyawa Topan. Tari dituduh telah melakukan pembunuhan berencana.

Tari dipenjara. Waktu terus melaju, Ampon, dan pimpinan Puga Nanggroe mengadvokasi kasus itu. Akhirnya Tari tidak terbukti bersalah. Dan buah cinta Ampon, mampu dipetik oleh Tari.

Sumber: www.komunikasiunimal.multiyply.com

0 Response to "Pengertian, Macam-macam dan Tahapan Alur dalam Novel serta Contoh Sinopsis Novel"

Post a Comment